Selasa, 22 Des 2020 05:48 WIB

10 Cara Menghilangkan Perut Buncit secara Alami yang Nggak Usah Pakai Drama

Farah Nabila - detikHealth
Woman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray BackgroundWoman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray Background Cara mengecilkan perut buncit (Foto: Istock)
Jakarta -

Cara menghilangkan perut buncit kerap menjadi pencarian populer di internet. Biasanya, alasan untuk mengecilkan perut karena hal tersebut mengganggu penampilan. Namun menghilangkan lemak perut juga bermanfaat bagi kesehatan, sebab lemak di perut dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Bagi sebagian orang proses menghilangkan perut memang tidak mudah. Dibutuhkan motivasi dan keseriusan untuk menjalani sejumlah program diet agar hasilnya maksimal. Untungnya, ada beberapa cara alami mengecilkan perut buncit yang mudah dilakukan.

Dikutip dari Healthline, berikut cara menghilangkan perut buncit secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah.

1. Konsumsi banyak serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi penyerapan kalori.

Sebuah studi observasi yang diterbitkan oleh NCBI terhadap 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram dalam asupan serat larut, penambahan lemak perut menurun sebesar 3,7% selama periode 5 tahun.

Beberapa makanan yang mengandung serat larut seperti alpukat, shirataki, biji rami, serta kacang-kacangan.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Kandungan ini ditemukan di beberapa margarin dan selai dan juga sering ditambahkan ke makanan kemasan, tetapi banyak produsen makanan berhenti menggunakannya.

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan lemak trans yang tinggi dengan peningkatan lemak perut. Cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung lemak trans agar proses menghilangkan perut buncit lebih efektif.

3. Menambah asupan protein

Asupan protein tinggi meningkatkan pelepasan hormon kepenuhan PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Protein juga meningkatkan laju metabolisme dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Makanan berprotein tinggi, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan, sangat ideal untuk mengecilkan lemak di sekitar pinggang.

Cara menghilangkan perut buncit juga bisa dilakukan dengan mengurangi stres. Bagaimana caranya?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Epidemiolog Sebut Varian B.1.1.529 Berpotensi Lebih Kuat dari Delta"
[Gambas:Video 20detik]