Minggu, 27 Des 2020 05:46 WIB

Round Up

4 Fakta Mutasi Corona di Inggris-Afsel yang Disebut Lebih Menular

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Varian atau mutasi virus Corona terbaru di Inggris dan Afrika Selatan bikin heboh belakangan ini. Banyak pertanyaan muncul terkait mutasi ini, termasuk apa pengaruhnya terhadap efektivitas vaksin?

Sejauh ini, sejumlah varian SARS-CoV-2 atau virus Corona penyebab COVID-19 sudah sering dilaporkan. Termasuk varian baru yang juga disebut lebih menular dan sudah ditemukan di Indonesia, yakni D614G.

Bahkan, Universitas Airlangga pada September 2020 mengumumkan temuan mutasi tipe Q677H yang jarang ditemukan. Mutasi yang satu ini lebih dekat dengan strain yang saat itu menyebar di Eropa dan baru satu-satunya yang ditemukan di Surabaya.

Nah, yang kali ini merebak di Inggris bagian selatan dan mulai menyebar ke berbagai negara, adalah mutasi yang berbeda lagi. Sama seperti mutasi sebelumnya, diklaim mutasi kali ini lebih mudah menular.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta yang sudah diketahui tentang mutasi virus Corona di Inggris maupun Afrika Selatan.

1. Dikenal dengan banyak sebutan

Centers of Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebut varian ini sebagai SARS-CoV-2 VOC 202012/01, yang berarti variant of concern yang ditemukan tahun 2020 bulan 12. Angka 01 di bagian belakang menunjukkan jenis varian 01.

Sebelumnya, varian ini disebut VUI 202012/01, singkatan dari variant under investigation.

Varian ini juga dikenal sebagai N501Y, yang artinya mengalami mutasi pada receptor binding domain (RBD) dari spike protein di posisi 501, dengan asam amino asparagine (N) tergantikan oleh tyrosine (Y).

2. Varian yang berbeda

Menurut CDC, pemerintah Afrika Selatan pada 18 Desember 2020 mengumumkan merebaknya strain baru virus Corona dengan skenario yang sama dengan yang terjadi di Inggris. Varian yang ditemukan di Afrika Selatan juga memiliki mutasi N501Y, namun merebak secara independen dan tidak berhubungan dengan varian di Inggris.

Apakah varian baru ini mempengaruhi efektivitas vaksin? Selengkapnya ada di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemicu Virus Corona Gampang Bermutasi"
[Gambas:Video 20detik]