Kamis, 31 Des 2020 15:04 WIB

Varian Baru Corona Sudah Menyebar ke 22 Negara Termasuk Asia, Ini Daftarnya

Farah Nabila - detikHealth
Apakah Mutasi Virus Corona Akan Mengubahnya Jadi Jinak? Varian baru Corona sudah menyebar ke 22 negara, ini daftarnya. (Foto: DW (News)
Jakarta -

Varian baru Corona yang ditemukan di Inggris disebut lebih menular dan menyebar dengan cepat ke berbagai negara. Hingga saat ini, 22 negara telah mendeteksi adanya varian baru Corona di wilayah mereka.

Jenis varian baru Corona ini dinamakan VUI-202012/01 karena varian pertama yang diselidiki pada bulan Desember. Varian baru Corona tersebut pertama kali dilaporkan di Inggris dan disebut 70 persen lebih mudah menular.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 22 negara yang telah melaporkan kasus varian baru Corona.

Baca juga: Studi Buktikan Varian Baru Corona dari Inggris Tidak Lebih Mematikan

1. Inggris

Dikutip dari EuroNews, pada tanggal 14 Desember 2020, Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock pertama kali mengumumkan bahwa ada varian baru Corona di London dan Inggris Tenggara. Ia mengatakan varian baru ini tumbuh lebih cepat dari varian yang sudah ada.

Berdasarkan laporan varian baru Corona ini, pemerintah Inggris melakukan batasan yang lebih ketat selama musim liburan.

2. Denmark

Technical Lead COVID-19 di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria Van Kerkhove mengonfirmasi varian baru Corona yang teridentifikasi di Inggris juga telah ditemukan di beberapa negara lainnya. Dia mengatakan, ada sembilan kasus positif COVID-19 di Denmark teridentifikasi disebabkan oleh varian baru tersebut.

3. Swedia

Badan kesehatan Swedia mengatakan otoritas negara mulai mendeteksi varian baru itu setelah seorang turis dari Inggris jatuh sakit saat kedatangan dan dinyatakan positif terpapar COVID-19. Kemudian turis tersebut telah diisolasi dan sejauh ini tidak ada kasus lain yang dilaporkan.

4. Jerman

Kasus pertama varian baru Corona dilaporkan di Jerman pada Kamis (24/12) lalu. Kasus ini ditemukan dari seorang perempuan yang datang dari London.

5. Prancis

Prancis telah mengonfirmasi kasus pertama varian baru Corona. Kementerian Kesehatan Prancis mengatakan seorang pria yang merupakan warga negara Prancis di pusat kota Tours, dinyatakan positif varian baru Corona.

Dikutip dari laman Reuters, pria tersebut baru saja tiba di Prancis usai melakukan perjalanan dari Inggris. yang tiba dari London pada 19 Desember.

Kementerian mengatakan pria tersebut tidak menunjukkan gejala, dan saat ini telah melakukan isolasi mandiri di rumah.

Varian baru Corona juga ditemukan di beberapa negara lainnya. Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Varian Baru Corona Muncul, Warga Diharapkan Tetap Terapkan 3M"
[Gambas:Video 20detik]