Senin, 28 Des 2020 05:59 WIB

Gula Darah Rendah? Kenali Beragam Penyebabnya

Farah Nabila - detikHealth
cek gula darah Gula darah rendah? Mungkin ini penyebabnya (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Gula darah rendah atau hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah (glukosa) lebih rendah dari biasanya. Glukosa adalah sumber energi utama tubuh.

Hipoglikemia sering dikaitkan dengan efek samping pengobatan diabetes. Tetapi, obat lain dan berbagai kondisi lain dapat menyebabkan gula darah rendah pada orang yang tidak mengidap diabetes.

Hipoglikemia membutuhkan penanganan segera ketika kadar gula darah rendah. Seseorang dapat dikatakan memiliki gula darah rendah jika kadar gula dibawah 70 mg/dL.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut beberapa penyebab gula darah rendah.

Penyebab yang terjadi pada pengidap diabetes

Pada pengidap diabetes tipe 1 dan 2 yang menggunakan insulin atau obat lain dapat mengakibatkan gula darah rendah. Tetapi, terlalu banyak insulin atau obat diabetes lainnya dapat menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah.

Gula darah rendah juga dapat terjadi jika Anda makan lebih sedikit dari biasanya setelah minum obat diabetes, atau jika Anda berolahraga lebih dari biasanya.

Penyebab pada seseorang yang tidak memiliki diabetes

1. Pengobatan

Mengonsumsi obat diabetes oral orang lain secara tidak sengaja merupakan kemungkinan penyebab hipoglikemia. Jenis obat lain juga dapat menyebabkan gula darah rendah, terutama pada anak-anak atau pada penderita gagal ginjal. Salah satu contohnya adalah kina (Qualaquin), yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

2. Minum alkohol berlebihan

Minum banyak alkohol tanpa makan dapat menghalangi hati untuk melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam aliran darah. Tentunya hal ini akan menyebabkan gula darah rendah.

3. Penyakit kritis

Penyakit hati yang parah seperti hepatitis atau sirosis parah dapat menyebabkan hipoglikemia. Gangguan ginjal, yang dapat menghalangi tubuh untuk mengeluarkan obat dengan benar, dapat memengaruhi kadar glukosa karena penumpukan obat tersebut.

Selain itu, kelaparan jangka panjang, seperti yang dapat terjadi pada kelainan pola makan anoreksia nervosa, dapat mengakibatkan terlalu sedikit zat yang dibutuhkan tubuh untuk membuat glukosa. Hal ini dapat menyebabkan gula darah rendah.

4. Produksi insulin berlebih

Tumor pankreas yang langka (insulinoma) dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak insulin, yang mengakibatkan hipoglikemia. Tumor lain juga dapat menghasilkan terlalu banyak produksi zat seperti insulin.

Pembesaran sel-sel pankreas yang memproduksi insulin dapat mengakibatkan pelepasan insulin yang berlebihan sehingga menyebabkan gula darah rendah.

5. Kekurangan hormon

Kelainan kelenjar adrenal dan tumor hipofisis tertentu dapat menyebabkan kekurangan hormon utama yang mengatur produksi glukosa. Gula darah rendah juga dapat terjadi pada anak-anak jika mereka memiliki terlalu sedikit hormon pertumbuhan.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)