Selasa, 29 Des 2020 05:00 WIB

Wajib Tahu, Ini Plus-minus Minum Kopi Tiap Pagi

Zintan Prihatini - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Plus minus minum kopi tiap pagi (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi banyak orang, hal pertama yang dipikirkan saat bangun adalah kopi. Minum kopi panas atau dingin, identik dengan aktivitas yang mengawali hari yang baru.

Beberapa orang cenderung tidak mengetahui bahwa ada efek samping negatif dari mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi setiap hari. Sebagai gambaran, ahli diet membeberkan semua efek samping positif maupun negatif dari minum kopi setiap hari.

Dikutip dari Eat This, berikut beberapa efek minum kopi setiap hari.

EFEK POSITIF

1. Melindungi tubuh dari kerusakan

"Kopi hitam mengandung polifenol yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan," ujar ahli diet sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Melissa Perst.

Kopi mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hitam dan hijau. Biji kopi mengandung kina, yang menjadi lebih kuat.

Antioksidan dalam kopi berpotensi melawan obesitas dan menurunkan berat badan, dapat melindungi retina dan mata, mencegah Alzheimer, kanker, ataupun stroke.

2. Menyehatkan usus

Penelitian menemukan bahwa kopi dapat mengurangi risiko penyakit pankreatitis, batu empedu dan kandung empedu. Kafein di dalamnya merangsang pergerakan otot di usus, untuk melancarkan buang air besar.

3. Meningkatkan konsentrasi

Ahli gizi ahli di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital, Elizabeth Spencer menjelaskan kopi mengandung kafein, stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat untuk meningkatkan norepinefrin dan dopamin yang meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Kafein juga memblokir efek zat kimia otak yang memicu kelelahan.

4. Mengurangi risiko penyakit kronis

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan berpotensi menurunkan risiko penyakit Alzheimer," ujar Perst.

Kebiasaan minum kopi setiap hati dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner pada wanita.

5. Mengurangi risiko penyakit liver

Kopi dalam jumlah sedang, antara 1 sampai 4 cangkir per hari dapat membantu melawan kondisi penyakit liver seperti sirosis akibat alkohol, kanker hati, dan hepatitis C.

Lalu apa saja efek negatif minum kopi tiap hari? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]