Selasa, 29 Des 2020 13:05 WIB

Kenapa Serangan Jantung Sering Terjadi Tiba-tiba?

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa serangan jantung sering terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan kematian mendadak? Selain itu, serangan jantung juga sering terjadi di pagi hari.

Menjawab pertanyaan tersebut, seorang kardiolog menjelaskan fenomena serangan jantung yang sering terjadi di pagi hari terjadi karena tubuh mengeluarkan irama sirkadian. Irama sirkadian terjadi di pagi hari saat harus memulai aktivitas.

Sebelum menjawab alasan serangan jantung yang sering menyebabkan kematian mendadak, sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu fakta-fakta soal penyakit jantung. Melansir Medical News Today dan beberapa sumber lain, ini beberapa fakta yang harus diketahui tentang serangan jantung.

Proses Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi saat aliran darah yang mengangkut oksigen ke otot jantung tiba-tiba tersumbat. Penyumbatan ini biasanya terjadi di pembuluh arteri karena kolesterol yang menumpuk terlalu banyak. Jika penyumbatan ini tidak segera ditangani maka akan terjadi serangan jantung mendadak dan bisa berakibat fatal, salah satunya kematian mendadak.

Bergejala

Sebelum terjadinya serangan jantung, sebenarnya tubuh telah memberikan pertanda berupa gejala-gejala, salah satunya nyeri pada dada. Selain itu, penderita serangan jantung juga bisa mengalami sesak napas, rasa sakit yang menyebar ke leher hingga punggung, wajah tampak terlihat abu-abu karena kurang oksigen, pusing, hingga mual muntah.

Bisa Sebabkan Komplikasi

Penyakit serangan jantung juga bisa menyebabkan komplikasi. Ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi, di antaranya aritmia, angina, gagal jantung, edema, hingga kehilangan fungsi ereksi dan libido.

Dipicu Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyakit jantung bisa juga terjadi karena faktor genetik. Namun, faktanya gaya hidup tidak sehat justru lebih meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dibandingkan faktor genetik. Contoh gaya hidup tak sehat yaitu kurang berolahraga, merokok, dan mengonsumsi junk food atau makanan berkolesterol jahat terlalu banyak.

Padahal kolesterol merupakan penyebab penyempitan pembuluh darah yang bisa menjadikan serangan jantung tiba-tiba jika dibiarkan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol agar jantung lebih sehat. Mulailah dengan gaya hidup sehat dengan olahraga rutin setiap hari, setop merokok, dan konsumsi makanan bergizi serta kaya serta.

Selain itu, kamu juga bisa minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)