Varian Baru Corona Sudah Menyebar ke 22 Negara Termasuk Asia, Ini Daftarnya

ADVERTISEMENT

Varian Baru Corona Sudah Menyebar ke 22 Negara Termasuk Asia, Ini Daftarnya

Farah Nabila - detikHealth
Kamis, 31 Des 2020 15:04 WIB
Apakah Mutasi Virus Corona Akan Mengubahnya Jadi Jinak?
Varian baru Corona sudah menyebar ke 22 negara, ini daftarnya. (Foto: DW (News)

16. Australia

Pada 21 Desember, pejabat kesehatan Australia mengatakan dua orang yang bepergian dari Inggris tiba di negara itu terdeteksi varian baru corona.

17. Afrika Selatan

Afrika Selatan telah melaporkan jenis baru COVID-19 yang tampaknya telah bermutasi lebih jauh dari varian Inggris. Menurut pejabat kesehatan dan ilmuwan yang memimpin strategi virus di negara itu, varian ini dikenal sebagai 501.V2 yang menjadi dominan di antara infeksi baru yang dikonfirmasi di Afrika Selatan, dan tampaknya lebih menular daripada virus aslinya.

18. Korea Selatan

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) menuturkan pejabat Korea Selatan pada 28 Desember melaporkan bahwa varian baru terdeteksi dalam sebuah keluarga yang tiba di negara itu setelah melakukan penerbangan dari London pada 22 Desember.

Ketiga orang tersebut telah diisolasi sejak hasil tes menunjukkan positif COVID-19.

19. Norwegia

Pada 28 Desember, Norwegia mengonfirmasi varian baru corona telah terdeteksi pada dua orang yang tiba dari Inggris pada awal Desember.

20. India

Pada 29 Desember, otoritas kesehatan India mengatakan mereka telah menemukan enam orang yang telah kembali dari Inggris dalam beberapa pekan terakhir yang dinyatakan positif mengidap varian baru virus Corona.

Kementerian Kesehatan India mengatakan keenam pasien telah diisolasi dan orang-orang yang kontak langsung dengan mereka telah dikarantina.

21. Pakistan

Pada 29 Desember, Pakistan mengatakan telah mendeteksi tiga kasus jenis virus korona baru dari para pelancong yang kembali dari Inggris.

"Genotyping menunjukkan 95 persen kecocokan varian baru dari Inggris," kata Meeran Yousuf, juru bicara departemen kesehatan Sindh.

Saat ini sedang dilakukan pelacakan kontak para pelancong ini dan orang-orang yang pernah kontak dengan mereka juga diisolasi.

22. Chili

Pada 29 Desember, Chili mengatakan telah mencatat kasus pertama dari varian baru Corona dan mendorong otoritas kesehatan untuk mengembalikan masa karantina wajib bagi semua pengunjung yang memasuki negara Amerika Selatan itu dari luar negeri.

Wakil Menteri Kesehatan Chili Paula Daza mengatakan seorang wanita Chili yang kembali ke negara asalnya pada 22 Desember, telah dites positif untuk varian tersebut. Sebelumnya, dia telah melakukan perjalanan ke London untuk mengunjungi keluarganya.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT