ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jan 2021 11:46 WIB

8 Daftar Gejala Virus Corona Baru, Termasuk Cegukan dan Parosmia

Ayunda Septiani - detikHealth
Apakah Mutasi Virus Corona Akan Mengubahnya Jadi Jinak? Gejala virus Corona baru. (Foto: DW (News)

7. Kehilangan indra penciuman dan perasa

Kehilangan indra penciuman dan perasa merupakan salah satu gejala COVID-19 yang kerap kali dirasakan pasien Corona. Butuh waktu hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan agar fungsi indra tersebut pulih kembali.

Beberapa pasien yang menderita gejala virus Corona baru ini seringkali membutuhkan perawatan dan terapi seperti pelatihan penciuman. Ini dilakukan untuk 'memperbaiki' otak agar secara akurat bisa mengenali rasa, bau, dan aroma yang tepat seperti sebelumnya.

8. Parosmia

Gejala virus Corona baru yang ditemukan adalah parosmia atau distorsi penciuman. Dikutip dari laman Healthline, parosmia merupakan suatu kondisi terganggunya indra penciuman.

Parosmia bisa menyebabkan penderitanya mengalami 'halusinasi penciuman'. Misalnya seperti bau yang harum mungkin akan tercium busuk.

Kondisi ini pun dialami oleh sejumlah pasien COVID-19. Seorang ahli bedah telinga dan tenggorokan (THT), Profesor Nirmal Kumar, mengatakan bahwa gejala COVID-19 yang satu ini sangatlah aneh dan unik. Ia menjelaskan, gejala parosmia yang dialami kedua pasiennya akibat COVID-19.

"Kami menyebutnya virus neurotropik. Artinya, virus ini mempengaruhi saraf di atap hidung, seperti gangguan pada sistem saraf Anda, dan saraf tidak berfungsi," lanjutnya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(ayd/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT