Rabu, 13 Jan 2021 05:00 WIB

15 Manfaat Buah Jambu Biji yang Dapat Meningkatkan Imun

Tim detikcom - detikHealth
Fresh Red Guava for sale at Hues market in Vietnam. A few Guava were cut open to display their beautiful pink interior. Foto: iStock/15 Manfaat Buah Jambu Biji yang Dapat Meningkatkan Imun
Jakarta -

Buah jambu biji (Psidium guajava) atau jambu klutuk berasal dari Brasil. Buah ini terdapat biji yang kecil-kecil di tengahnya.

Jambu biji bentuknya bulat atau lonjong dengan kulit berwarna hijau muda atau kuning muda.

Warna daging buahnya bervariasi dari putih atau hingga merah muda.

Selain rasanya yang manis, jambu biji adalah salah satu buah super karena banyak manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Buah jambu biji sangat kaya akan vitamin C, likopen, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Jambu biji juga kaya akan mangan yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita makan.

Manfaat jambu biji dikreditkan karena adanya folat, mineral yang membantu meningkatkan kesuburan. Kalium dalam jambu biji juga membantu menormalkan tingkat tekanan darah.


Nilai Gizi Jambu Biji

Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi 100 gram buah jambu biji mengandung 68 kalori dan 8,92 gram gula.

Jambu biji juga kaya kalsium karena mengandung 18 gram mineral per 100 gram buah.

Berikut Manfaat Buah Jambu Biji dilansir NDTVFood:


1. Penguat Imun

Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya vitamin C. Buah ini mengandung 4 kali lipat kandungan vitamin C yang ada pada jeruk.

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi Anda dari infeksi dan patogen umum. Selain itu, menjaga kesehatan mata Anda.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan likopen, quercetin, vitamin C, dan polifenol lainnya bertindak sebagai antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah jambu biji terbukti sangat berhasil dalam mengurangi risiko kanker prostat dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara karena kaya akan likopen.

3. Cegah Diabetes

Karena kandungan serat yang kaya dan indeks glikemik yang rendah, jambu biji mencegah penyakit diabetes.


4. Bikin Jantung Sehat

Buah jambu biji membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium tubuh, sehingga mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi.

Jambu biji juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. Buah ajaib ini meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Mengobati Sembelit

Buah jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan terkaya dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Hanya 1 jambu biji yang memenuhi sekitar 12% dari asupan serat yang direkomendasikan harian Anda, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda.

6. Meningkatkan Penglihatan

Karena adanya Vitamin A, jambu biji terkenal sebagai penguat kesehatan penglihatan. Itu tidak hanya dapat mencegah penurunan penglihatan, tetapi bahkan meningkatkan penglihatan.

Selain itu dapat membantu memperlambat munculnya katarak dan degenerasi makula.

7. Lindungi Gangguan Saraf pada Bayi

Manfaat buah jambu biji untuk ibu hamil yakni buah itu mengandung asam folat, atau vitamin B-9. Hal ini karena dapat membantu mengembangkan sistem saraf bayi dan melindungi bayi baru lahir dari gangguan saraf.

Selanjutnya
Halaman
1 2
DMentor
×
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun Selengkapnya