Sabtu, 23 Jan 2021 18:13 WIB

Tak Lagi 'Positif-Negatif', CT Value COVID-19 Kini Lebih Banyak Dikepoin

Farah Nabila - detikHealth
Sejumlah penumpang menjalani rapid test antigen di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rapid test antigen ini menjadi syarat penumpang perjalanan jarak jauh. CT Value COVID-19 artinya apa sih? (Foto: Pradita Utama)
Topik Hangat CT Value COVID-19
Jakarta -

Di kalangan pasien maupun penyintas virus Corona COVID-19, istilah CT Value rasanya sudah tidak asing lagi. Bahkan terkait tes COVID-19, saat ini lebih banyak pembahasan soal berapa CT value dibanding sekadar status positif atau negatif.

CT Value merupakan nilai yang didapat dalam pemeriksaan COVID-19 dengan realtime RT-PCR (real-time reverse-transcriptase polymerase chain reaction), metode standar untuk deteksi molekuler. Beberapa laboratorium memberikan hasil tes PCR dengan pernyataan positif atau negatif, tetapi ada juga yang menambahkan nilai CT value.

Bagi seseorang atau keluarganya yang pernah postif COVID-19, nilai CT value sudah tidak asing lagi. Misalnya, Safira, seorang mahasiswi 22 tahun yang sudah cukup mengenal tentang nilai CT value semenjak ia dan sekeluarga dinyatakan positif Corona.

"Waktu itu akhirnya tes PCR hari Selasa (24/11/2020) dinyatakan positif kan, itu tuh CT value nya 35 sekian tapi itu tuh ga bingung karena dokter tuh udah kasih tau kalau misalnya CT nya di atas 30 itu nggak akan menularkan gitu dan itu tuh kondisinya baik," ujar Safira, saat dihubungi detikcom pada Sabtu (23/01/2021).

Safira dan sekeluarga diketahui pernah terpapar virus Corona pada November 2020. Ia menjadi anggota keluarga terakhir yang dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya, saat hasil test COVID-19 kedua orang tua dan kakaknya positif dokter langsung memberi informasi tentang pengertian CT value.

Oleh karena itu, saat melihat hasil tes dirinya positif COVID-19 ia sudah tidak bingung lagi karena sudah mengerti pengertian CT value saat mendengar penjelasan dokter mengenai hasil tes kedua orang tua dan kakaknya.

Saat itu dokter mengatakan pada dirinya kalau nilai CT value 35 dan kondisinya baik. "Emang alhamdulillah kondisi aku tuh baik-baik aja nggak yang lemah banget sampe waktu dirawat di rumah sakit pun nggak ngerasa penciuman hilang," ujar Safira.

Safira juga mengaku cukup paham cara mengartikan CT value berdasarkan pemahaman yang diberikan oleh dokter. Ia tahu bahwa CT value di bawah 20 termasuk kategori yang 'parah'.

"Terus kalo misalnya dibawah 30 tuh kaya udah parah, di bawahnya 20 lebih parah lagi gitu loh," ujarnya.

Menurutnya, ia senang karena dokter memberikan informasi yang detail tentang CT value dalam menjelaskan hasil tes COVID-19 kepada dirinya dan keluarga. Hal ini membuat ia menjadi tahu apakah dirinya termasuk kategori ringan atau parah.

Jadi apa itu CT Value?

CT Value merupakan singkatan dari cycle threshold value. Nilainya menggambarkan berapa banyak amplifikasi dilakukan dalam pemeriksaan RT-PCR.

Sederhananya, makin tinggi CT Value maka semakin sedikit material genetik virus yang ada di dalam sampel. Walau tidak sepenuhnya tepat, beberapa orang menganggap makin tinggi nilai CT Value maka makin rendah kemungkinan menularkan virus.



Simak Video "Cegah Long Covid, Perhatikan Sejumlah Tindakan Preventif Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat CT Value COVID-19