Minggu, 24 Jan 2021 11:06 WIB

Salah Satunya Dialami Doni Monardo, Ini 6 Titik Lengah Penularan Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Doni Monardo Doni Monardo positif COVID-19 diduga tertular saat makan bersama. (Foto: Doni Monardo (Dok. BNPB)

5. Nge-gym

Meski beberapa tempat gym sudah kembali dibuka, bukan berarti benar-benar aman dari COVID-19. Penting memperhatikan seberapa ramai dan seberapa luas tempat gym sebelum memutuskan kembali olahraga di sana.

"Hal yang membuat gym berbeda dari tempat lain jika banyak orang yang terengah-engah dan kami tahu bahwa semakin banyak Anda menghembuskan napas seperti itu, semakin jauh partikel virus itu menyebar," jelas Kesh.

"Dan hal yang lebih sulit untuk dikendalikan adalah kebanyakan orang tidak bisa memakai masker berolahraga," kata Kesh.

6. Pergi ke salon

Lagi-lagi, saat pergi ke salon, kontak dengan banyak orang semakin mungkin terjadi. Banyak dari mereka yang kesulitan menjaga jarak kurang lebih 2 meter.

Setidaknya, saat di salon, seseorang bisa menghabiskan waktu lebih dari 15 menit dengan tetap berdekatan bersama penata rambut. Mungkin saja mereka juga tak sadar sudah terpapar COVID-19.

"Sekalipun Anda mengenakan masker, ingatlah bahwa itu tidak membuat Anda aman dari COVID-19, terutama pada jarak yang begitu dekat, tetapi hanya akan membantu mengurangi risiko penularan atau tertular virus Corona," sebutnya.

Kesh menyebut sebaiknya salon tak boleh ramai dan harus memiliki ventilasi yang baik. Jika tak ada AC, minimal kipas harus tetap menyala.

"Banyak salon juga membatasi jumlah klien yang diizinkan berada di salon sekaligus dan beberapa mengharuskan semua penata dan klien memakai masker, yang penting untuk memastikan keamanan," pesannya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Doni Monardo Paparkan Strategi Pengungsian di Tengah Badai Corona"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/up)