Jumat, 29 Jan 2021 17:15 WIB

Sama-sama Tes Corona, Pilih Anal Swab atau Colok Hidung?

Ayunda Septiani - detikHealth
Toilet Anal swab test kini jadi alternatif tes Corona (Foto: iStock)
Topik Hangat Anal Swab COVID-19
Jakarta -

Metode tes Corona yang dipakai di China belakangan ini jadi perbincangan hangat. Bukan dengan colok hidung, tetapi dengan anal swab alias colok dubur.

Para dokter di Rumah Sakit You'an di Beijing termasuk salah satu yang menggunakan metode ini. Hanya butuh waktu 10 detik, diklaim lebih nyaman dibanding swab nasofaring atau melalui hidung dan pangkal tenggorokan.

Meski begitu, ahli biologi molekular Ahmad Rusdan Utomo menyebut anal swab test tidak bisa menjadi acuan. Menurutnya, anal swab test hanya untuk pelengkap deteksi COVID-19.

"Ini lebih kepada untuk kelengkapan diagnosa saja, tidak bisa menggantikan Rapid Antigen dan PCR," ujar Ahmad Rusdan seperti dikutip dari laman CNBC Indonesia, Jumat (29/1/2021).

Soal kenyamanan, Ahmad menilai anal swab sebenarnya relatif lebih tidak sakit dibanding nasofaring swab. Namun ia tidak yakin banyak yang memilih anal swab dibanding nasofaring.

"Hanya saja ada sisi malunya dan ada sisi ketidaknyamanan karena membuka area private. Tapi pengambilannya jauh lebih nyaman. Semoga tidak terjadi pelecehan saja. Soalnya kan membuka aurat," tambah Ahmad Rusdan.

Ahmad Rusdan menambahkan, deteksi virus SARS-CoV-2 menggunakan metode swab dari saluran pernapasan hidung dan tenggorokan lebih efektif mendeteksi virus COVID-19 hingga 70 persen, sementara dengan feses kemungkinan hanya separuhnya. Metode anal swab hanya dapat dilakukan di saat dokter menemukan gejala COVID-19, namun dinyatakan negatif saat melakukan PCR.

Ahmad menjelaskan, virus COVID-19 umumnya masuk melalui saluran pernapasan atas, kemudian pernapasan bawah. Keberadaan virus di saluran pencernaan tentunya sudah pada tahap lanjut.

"Jadi si virus ini ketika dia masuk (ke tubuh manusia), dia juga punya beberapa jalan keluar. Salah satunya melalui jalur pencernaan atau pembuangan kotoran," pungkas Ahmad.

Jadi, pilih anal swab atau colok hidung? Tuliskan pendapat di komentar ya.



Simak Video "Jepang Minta China Hentikan Tes Swab Anal Covid-19 Warganya"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)
Topik Hangat Anal Swab COVID-19