Senin, 15 Feb 2021 05:49 WIB

5 Pantangan di Senin Pagi Jika Ingin Lebih Berstamina Sepanjang Hari

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Wake up woman - close up image woman legs in bedroom Pantangan saat bangun pagi (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa kebiasaan buruk di pagi hari bisa membuat tubuh terasa tidak berenergi sepanjang hari. Hindari agar semangat beraktivitas di awal pekan ini tidak berantakan.

Rutinitas hingga beberapa saat setelah bangun tidur memegang kunci penting. Kesalahan-kesalahan kecil pada tahap ini bisa membawa dampak sepanjang hari.

Dikutip dari Aarp, berikut 5 kesalahan yang sebaiknya dihindari.

1. Langsung ngegas!

Begitu bangun, sebaiknya tidak langsung beranjak dan melakukan aktivitas berat. Lakukan beberapa gerakan peregangan untuk melemaskan otot yang tegang selama tidur semalaman.

2. Memegang gadget

Terkadang memang ada urusan penting seperti mengecek email yang tidak bisa ditunda. Tetapi kalau hanya untuk lihat-lihat medsos yang sebenarnya mungkin tidak terlalu mendesak, sebaiknya tunda dulu. Menurut para pakar, memeriksa gadget di pagi hari bisa meningkatkan level stres.

3. Gelap-gelapan

Meski tetap harus dilakukan perlahan, penting untuk sesegera mungkin membuka tirai jendela atau setidaknya menyalakan lampu saat bangun tidur. Siklus tidur-bangun manusia sangat dipengaruhi oleh paparan cahaya.

4. Lupa minum

Sepanjang malam, tubuh kehilangan banyak cairan akibat penguapan yang terjadi di permukaan kulit. Terlebih jika tidur di ruangan ber-AC. Minum segelas air putih saat bangun tidur akan membantu memulihkan hidrasi.

5. Tidak sarapan

Tidak diragukan, sarapan di pagi hari punya banyak sekali manfaat kesehatan. Selain memberikan asupan energi hingga makan siang, juga bisa mencegah risiko makan berlebih pada sesi makan berikutnya.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)