Kamis, 18 Feb 2021 08:00 WIB

5 Ide Sarapan Sehat yang Bisa Bantu Pangkas Berat Badan

Ardela Nabila - detikHealth
Perut buncit 5 sarapan sehat yang bisa pangkas berat badan. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Sarapan dapat dijadikan cara untuk memulai hari bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang salah di pagi hari dapat membuatmu ingin merasa terus lapar sebelum makan siang dan dapat menyebabkan dietmu gagal.

Di sisi lain, memilih makanan yang tepat dapat membuatmu merasa kenyang hingga waktu makan siang, sehingga kamu tidak mudah tergoda oleh camilan.

Dikutip dari Healthline, berikut 5 makanan dan minuman sehat untuk sarapan bagi kamu yang ingin turunkan berat badan.

1. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin, serta mineral, seperti selenium dan riboflavin. Kandungan protein tinggi dalam telur dapat mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi di pagi hari. Sebuah studi yang dilakukan pada 30 wanita obesitas menyatakan bahwa makan telur saat sarapan dapat secara signifikan meningkatkan rasa kenyang hingga siang hari.

Selain mengandung berbagai macam nutrisi, telur dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara sesuai dengan selera. Kamu juga bisa mencoba mengombinasikan telur dengan satu porsi sayur untuk sarapan yang sehat dan bernutrisi.

2. Pisang

Kaya akan serat dan rendah kalori, pisang dapat dijadikan alternatif sarapan bagi kamu yang menyukai makanan manis seperti sereal. Satu pisang berukuran sedang hanya mengandung 100 kalori dan 3 gram serat yang dapat meningkatkan kebutuhan serat harian hingga 12 persen. Serat membantu memperlambat perut menjadi cepat kosong dan merasa kenyang lebih lama.

3. Yogurt

Yogurt menyediakan banyak kandungan protein dalam setiap porsinya. Oleh sebab itu, yogurt sangat cocok untuk dikonsumsi di pagi hari. Sebuah studi yang melibatkan 20 wanita menemukan bahwa mengonsumsi makanan ringan berprotein tinggi seperti yogurt dapat mengurangi rasa lapar dan asupan makanan hingga 100 kalori di siang hari.

Studi lain yang melibatkan sebanyak 8.516 orang menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 7 porsi yogurt setiap minggunya memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas daripada yang tidak rutin mengonsumsi yogurt. Di pagi hari, kamu dapat mencoba 1 cangkir (285 gram) Greek yogurt dengan buah-buahan serta biji chia untuk sarapan bernutrisi.

4. Kopi

Sejumlah studi menemukan bahwa kopi ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan kafein dalam kopi dapat memangkas berat badan dengan cara mendorong metabolisme tubuh dan membakar lemak. Menurut sebuah studi pada 8 pria, mengonsumsi kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 13 persen dan mempermudah pemecahan lemak dalam tubuh.

Kamu dapat memasangkan kopi dengan sarapan sehatmu di pagi hari. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu banyak menambahkan gula atau creamer karena keduanya justru dapat menambah kalori dan menghilangkan manfaat kopi yang baik bagi kesehatan.

5. Teh hijau

Teh hijau telah sering disebutkan dalam banyak studi bahwa memiliki manfaat bagi metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam sebuah studi yang melibatkan 23 orang menemukan bahwa mengonsumsi 3 kapsul ekstrak teh hijau dapat membakar lemak hingga 17 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Studi lain terhadap 10 orang dewasa menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 4 persen dalam waktu 24 jam. Selain itu, senyawa yang terkandung dalam teh hijau, seperti kafein dan kalsium, dapat membakar kalori hingga 106 kalori jika teh hijau dikonsumsi 3 kali selama 3 hari berturut-turut.



Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)