Sabtu, 20 Feb 2021 06:38 WIB

4 Ramuan Alami Penangkal Masuk Angin di Musim Hujan

Ardela Nabila - detikHealth
Sejumlah wilayah di DKI Jakarta diguyur hujan pagi ini. Menurut BMKG, musim hujan di Jakarta masih akan terus berlanjut hingga Februari. Musim hujan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Cuaca mendung dan hujan sering kali membuat tubuh mudah drop. Tetapi, tidak perlu khawatir. Sebab, terdapat banyak ramuan alami yang dapat membantu menjaga kebugaran tubuh saat situasi seperti ini.

Tak hanya dapat dikonsumsi saat cuaca hujan untuk orang yang mengalami masuk angin, ramuan ini juga manjur bagi kamu yang merasa mual karena hamil maupun asam lambung.

Mudah ditemukan di rumah, berikut 4 obat alami yang dapat kamu gunakan untuk meredakan mual.

1. Jahe

Bumbu dapur yang mudah ditemukan di mana-mana ini, termasuk di rumah, sering kali dijadikan obat alami untuk mengatasi mual, muntah, dan kondisi lainnya terkait perut. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengunyah secuil jahe segar, memasukkannya ke dalam masakan, atau mencampurkannya dengan teh. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi jahe secara berlebihan.

2. Lemon

Rasa segar yang didapat dari lemon memiliki manfaat untuk mengatasi rasa mual. Pasalnya, lemon mengandung asam yang dapat menetralkan dan membentuk senyawa bikarbont yang dapat membantu meredakan rasa mual. Kamu bisa menambahkan perasan air lemon dan sejumput garam ke dalam segelas air hangat lalu mengaduknya jika kamu mengalami rasa mual.

3. Peppermint

Menghirup bau peppermint dalam bentuk apapun dapat meredakan rasa mual, lho. Berdasarkan sebuah studi, aromaterapi dari peppermint efektif untuk mengurangi rasa mual hingga 75 persen pada semua kasus.

4. Rempah-rempah

Selain jahe, beberapa bumbu dapur atau rempah yang kerap digunakan sehari-hari untuk memasak juga bisa mengurangi gejala mual. Contohnya adalah kayu manis dan jinten, yakni rempah yang sering digunakan untuk menangani rasa mual dan muntah. Untuk mendapatkan manfaat kedua rempah ini, kamu bisa mencampurkannya dalam segelas teh.



Simak Video "Cuaca Dingin Bisa Tingkatkan Potensi Infeksi Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)