Rabu, 03 Mar 2021 05:50 WIB

Selain RI, 6 Negara Asia Ini Juga Temukan Varian Corona Inggris B117

Ardela Nabila - detikHealth
HANOI, VIETNAM - MAY 16: People rollerskate at Hoan Kiem pedestrian street on May 16, 2020 in Hanoi, Vietnam. Though some restrictions remain in place, Vietnam has lifted the ban on certain entertainment facilities and non-essential businesses, including pubs, cinemas and spas & other tourist attractions to recover domestic tourism. On April 23, the Ministry of Transport started to increase domestic flights and trains to major destinations with limited passenger capacity. As of May 16, Vietnam has confirmed 318 cases of coronavirus disease (COVID-19 ) with no deaths in the country, 260 fully recovered and no new case caused by community transmission for 30 days. COVID-19 di Hanoi Vietnam (Foto: Getty Images/Linh Pham)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Varian baru COVID-19 asal Inggris telah masuk Indonesia dengan ditemukannya dua kasus varian baru Corona B117. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono bertepatan dengan setahunnya pandemi Corona di Indonesia.

Sebelumnya, varian yang disebut lebih cepat menular dan memiliki tingkat kematian lebih tinggi ini sudah menyebar di setidaknya 60 negara, seperti diungkapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selain Indonesia, berikut 6 negara Asia yang juga telah melaporkan kasus varian baru Corona asal Inggris B117, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Singapura

Varian baru Corona B117 diumumkan pertama kali di Singapura pada 23 Desember 2020. Per tanggal 29 Januari lalu, Singapura telah mencatat terdapat 25 kasus COVID-19 dari varian asal Inggris tersebut. Secara rinci, seperti dikutip dari laman CNA, 5 dari 20 kasus merupakan kasus yang ditemukan di kelompok, sementara 20 lainnya ditemukan pada warga negara asing yang datang dari Eropa.

2. Malaysia

Mengutip Malay Mail, kasus varian baru Corona B117 pertama kali ditemukan di Malaysia pada 9 Januari lalu setelah pasien terinfeksi varian tersebut pulang dari Inggris. Kasus kedua dari varian yang sama ditemukan pada 5 Februari pada warga negara Malaysia yang baru melakukan perjalanan ke Timur Tengah.

3. India

Dikutip dari laman Pharmeasy, India pertama kali menemukan kasus varian B117 pada bulan Desember 2020 dengan adanya laporan 5 orang yang tiba di India sepulangnya dari Inggris dinyatakan positif varian terbaru itu.

4. Filipina

Negara Asia lain yang turut melaporkan ditemukannya varian baru B117 adalah Filipina, yakni dengan total kasus mencapai 62 kasus per 18 Februari lalu. Sementara itu, berdasarkan laporan Departemen Kesehatan Filipina seperti dikutip dari CNN Phillipines, kasus pertama pasien terinfeksi varian Corona asal Inggris B117 dilaporkan pertama kali ditemukan pada Januari lalu. Pada 13 kasus terbaru, varian B117 ditemukan setelah terdapat 13 orang yang kembali ke Filipina dari luar negeri di antara tanggal 3-27 Januari.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI