Rabu, 10 Mar 2021 19:53 WIB

Bagaimana Cara Menghentikan Kemunculan Varian Baru COVID-19? Ini Kata WHO

Firdaus Anwar - detikHealth
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point. Foto: Getty Images/iStockphoto/serts
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Berbagai varian baru COVID-19 terus dilaporkan bermunculan di dunia. Sebagai contoh varian B117 yang awalnya terdeteksi di Inggris kini sudah menyebar ke banyak negara, termasuk salah satunya Indonesia.

Dikutip dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus secara alami memang bisa bermutasi. Hal ini terjadi ketika ada kesalahan dalam proses replikasi saat virus tersebut menginfeksi sel.

Oleh karena itu untuk menghentikan atau mencegah kemungkinan terjadinya mutasi Corona maka proses replikasi harus dihentikan. Ini artinya mencegah virus COVID-19 menginfeksi manusia, menekan penyebarannya dengan protokol kesehatan dan vaksinasi massal.

"Menghentikan penyebaran COVID-19 pada sumbernya jadi kunci yang penting," tulis WHO seperti dikutip pada Rabu (10/3/2021).

"Maka dari itu memastikan akses vaksin COVID-19 yang adil jadi hal sangat penting dalam menangani pandemi yang terus berevolusi ini. Semakin banyak orang yang divaksinasi harapannya bisa membuat sirkulasi virus berkurang, berujung pada mutasi yang lebih sedikit," ungkap WHO.



Simak Video "Ramai Varian Corona Baru, Apakah Mutasi Virus Selalu Berbahaya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI