Sabtu, 13 Mar 2021 04:59 WIB

COVID-19 Masih Bisa Jadi Endemik di RI Meski Pandemi Berakhir, Ini Alasannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Setahun sudah virus Corona merebak di Indonesia. Upaya mengatasi pandemi pun dilakukan salah satunya alih fungsi Wisma Atlet jadi Rumah Sakit Darurat COVID-19. Virus Corona COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Topik Hangat Kapan Corona Hilang?
Jakarta -

Sejumlah pakar menyebut adanya kemungkinan COVID-19 menjadi endemik di Indonesia. Endemik sendiri merupakan penyakit yang menetap dan hanya terjadi di beberapa wilayah saja.

Terkait hal ini, Laura Navika Yamani, epidemiolog dari Universitas Airlangga, ikut mengatakan penyakit menular seperti COVID-19 tak akan mudah hilang dalam waktu cepat meski pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan secara maksimal.

"Memang kita inginnya segera keluar dari pandemi COVID-19. Tapi tentunya kita melihat dari sejarah penyebaran penyakit-penyakit menular yang ada di dunia, ini kan tidak serta-merta tidak bisa kita hilangkan 100 persen dalam waktu cepat," kata Laura dalam sebuah webinar, Jumat (12/3/2021).

"Jadi terkait dengan upaya vaksinasi, kemudian upaya 3T yang dilakukan, setelah melakukan itu secara maksimal kita berharap bahwa daerah-daerah ini bisa segera menurun untuk angka kasusnya," lanjutnya.

Ketika kasusnya sudah menurun, Laura pun berharap ke depannya tidak akan muncul kasus-kasus baru yang membuat COVID-19 menjadi endemik di Indonesia.

"Jadi kalau kasus endemik ini kan tiba-tiba muncul di suatu daerah. Ini masih belum bisa diprediksi apakah demikian," jelasnya.

Oleh karena itu, Laura meminta kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap penularan COVID-19, terutama dengan munculnya varian baru Corona. "Jadi challenge-nya kita harus bisa mewaspadai munculnya varian-varian baru," ujarnya.



Simak Video "Seperti Flu Tahunan, Corona Diprediksi Bakal Jadi Endemik "
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)
Topik Hangat Kapan Corona Hilang?