Minggu, 14 Mar 2021 08:38 WIB

Wow! Tak Lama Lagi, Herd Immunity COVID-19 Tercapai di Pulau Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kemenkes mencatat 132.004 orang tenaga kesehatan di Indonesia sudah disuntik virus Corona. Angka itu adalah 22 persen dari total 598.483 Nakes yang akan divaksin. Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Herd immunity atau kekebalan komunitas menjadi salah satu kunci mengakhiri pandemi COVID-19. Beberapa wilayah di dunia disebut sudah hampir mencapainya, termasuk sebuah pulau di Makronesia.

Pulau Corvo, salah satu pulau terkecil di Makronesia yang masuk ke dalam wilayah Portugal, telah berhasil memvaksinasi hampir seluruh warganya. Satu-satunya dokter di pulau yang hanya dihuni 400-an warga ini menyebut herd immunity terhadap COVID-19 di wilayah tersebut akan segera tercapai.

"Ada atmosfer selebrasi di Corvo," kata dr Antonio Salgado kepada agensi berita Lusa, dikutip dari Reuters, Minggu (14/3/2021).

Diperkirakan, herd immunity di pulau ini akan tercapai akhir bulan ini.

Otoritas di Pulau Corvo menyebut, 322 warga pada Jumat lalu telah mendapatkan dosis kedua vaksin Corona. Angka ini mencakup 85 persen populasi dan 95 persen dari penduduk yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin.

Herd immunity dicapai ketika sejumlah orang di suatu populasi telah mendapatkan imunitas terhadap suatu infeksi, sehingga penyakit berhenti menyebar. Diyakini, bisa dicapai melalui vaksinasi jika berhasil mencakup 50-70 persen populasi.

Pulau Corvo yang hanya seluas 17 km persegi dan dipenuhi tebing terjal di sepanjang pantai serta kawah gunung berapi, hanya melaporkan satu kasus COVID-19 sejak pandemi berlangsung setahun yang lalu.



Simak Video "Herd Immunity akan Sulit Dicapai Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)