Selasa, 23 Mar 2021 20:00 WIB

4 Masalah Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi bayi Masalah kulit bayi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/bhowie)
Jakarta -

Para ibu-ibu biasanya akan merasa khawatir saat muncul bintik merah pada kulit bayinya. Namun, sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebab, bintik merah tersebut merupakan tanda bahwa sang buah hati tengah beradaptasi dengan kondisi lingkungan baru.

Selain bintik merah, ibu juga harus mengetahui jenis permasalahan lainnya yang kerap muncul pada kulit bayi. Dengan demikian, saat dihadapi oleh masalah tersebut, ibu menjadi tidak panik dan bisa segera menanganinya dengan tepat.

Dikutip dari HaiBunda, berikut sejumlah masalah yang sering kali muncul pada kulit bayi dan cara menanganinya.

Jerawat bayi

Bintik merah atau bintik putih yang muncul di area wajah bayi ini merupakan perubahan pada kulit bayi yang biasanya ditemui pada usia 2-4 minggu pas kelahiran. Biasanya, jerawat bayi akan hilang secara perlahan seiring dengan pertumbuhannya. Sementara itu, penyebab munculnya jerawat bayi belum diketahui.

Mengutip Healthline, terdapat beberapa cara untuk mengurangi jerawat bayi yang bisa dilakukan oleh para ibu di rumah, yaitu:

• Bersihkan wajah bayi dengan air bersih dan sabun yang lembut
• Hindari memencet dan menggosok jerawat
• Hindari penggunaan lotion atau produk berbahan dasar minyak pada wajah bayi.

Eksim

Eksim merupakan kondisi di mana kulit bayi mengalami kekeringan, berbintik merah, dan muncul ruam merah yang gatal. Umumnya, bintik merah yang gatal itu akan muncul pada usia 6 bulan pertama setelah kelahiran dan akan sembuh perlahan. Akan tetapi, ada pula bayi yang masih mengidap eksim.

Biasanya, bayi yang berusia di bawah 6 bulan, eksimnya sering kali muncul di pipi atau dahi. Pada bayi di atas 6 bulan, eksim tak hanya akan muncul pada kulit wajah bayi, tetapi akan berpindah ke sikut, lutut, atau lipatan kulit.

Untuk mengatasi eksim, tidak terdapat obat yang pasti. Namun, ibu-ibu di rumah dapat meredakan masalah kulit yang satu ini dengan beberapa cara berikut:

• Mandikan bayi dengan air hangat menggunakan sabun yang lembut dan dengan durasi yang pendek (5-10 menit)
• Gunakan pelembab khusus bayi dua kali sehari
• Gunakan sabun cuci baju khusus bayi tanpa pewangi dan untuk kulit sensitif.

Selain dua masalah kulit di atas, terdapat masalah kulit bayi lainnya yang sering kali muncul. Apa saja dan bagaimana cara mengatasinya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA





Simak Video "Cara Pijat Tangan hingga Punggung Bayi yang Benar ala Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)