Kamis, 25 Mar 2021 15:00 WIB

Siapakah Lansia 104 Tahun Penerima Vaksin Corona Tertua RI?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sejumlah pedagang di Bandung menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di mal dan toko swalayan di Kota Bandung. Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Warga asal Bogor menjadi lansia tertua yang menerima vaksin Corona di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono menyebut dirinya berusia 104 tahun dan sangat antusias menerima vaksin Corona.

"Dua hari yang lalu salah satu RS di Bogor menerima kehadiran peserta vaksinasi COVID-19 tertua di Indonesia yang berusia 104 tahun bernama Bapak Wirjawan," kata Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono, dalam live kedatangan vaksin Corona tahap ke-7, Kamis (25/3/2021).

Seperti diketahui, vaksinasi lansia sudah dilakukan sejak Februari lalu. Sejauh ini, tak ada catatan efek samping serius pasca divaksinasi pada lansia.

Begitu juga dengan Wirjawan Hardjamulia, dari Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Ia yang menerima vaksin Corona di RS Vania dinyatakan dalam kondisi sehat dan tak mengeluhkan efek samping apapun pasca divaksinasi. Nama Wirjawan sebelumnya sempat viral dalam broadcast atau pesan berantai WhatsApp.

Dalam pesan tersebut, dirinya disebutkan warga Bogor, ayah dari dr Indriyati alumni FK Untar. Saat dikonfirmasi ke Dinas Kesehatan Bogor, Plt Kadinkes Bogor Sri Nowo Retno membenarkan jika dirinya warga Bogor berusia 104 tahun.

"Kalau yang divaksin betul usia 104 tahun, warga Bogor. Tapi tidak tahu kalau ayahnya Marga T. Yang saya tahu ayahnya dr Pardewi Indriawati," jelas Sri saat dikonfirmasi detikcom Kamis (25/3/2021).



Simak Video "6 Vaksin Corona yang Sudah Kantongi Restu dari WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)