Sabtu, 27 Mar 2021 06:54 WIB

Amankah Pakai Celana Dalam yang Sudah Mulai Melar? Kenali Dulu Risikonya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
woman viewed from a washing machine with a funny grim Celana dalam yang sudah melar, boleh dipakai? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Victoria Labadie - Fotonomada)
Jakarta -

Tidak seperti obat maupun vaksin, celana dalam bisa disimpan dan digunakan sampai kapanpun selama masih terasa nyaman. Namun para ahli menyarankan untuk secara berkala menggantinya dengan yang baru meski tidak ada tanggal kedaluwarsanya.

Alasan utamanya adalah risiko alergi dan infeksi yang meningkat ketika celana dalam sudah tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Artinya, bahannya sudah tidak lagi menyerap keringat, sehingga organ intim jadi lembab dan rentan infeksi.

Phillip Tierno, PhD, profesor mikrobiologi dan patologi dari New York University menyebut alasan lain yaitu disfungsional secara mekanis. Ini termasuk adanya lubang di mana-mana, dan karet atau kolor yang sudah tidak elastis alias melar.

Apa risikonya jika tidak diganti? Ya tidak ada risiko kesehatan yang sangat serius sih, tetapi celana dalam punya fungsi tertentu untuk menunjang kenyamanan dan kebersihan. Jika mulai rusak, fungsi tersebut akan berkurang.

Dikutip dari Health.com, salah satu risikonya adalah mudah lembab dan akan menyebabkan jamur mudah tumbuh. Begitu juga bila kain atau bahannya mulai aus, maka bisa memicu iritasi dan abrasi, yang pada akhirnya juga memicu infeksi.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)