Selasa, 30 Mar 2021 14:18 WIB

Rusia Buat Vaksin Sputnik V Versi Dosis Tunggal, Akankah Ada di RI?

Firdaus Anwar - detikHealth
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan Rusia dikabarkan tengah berusaha mendaftarkan vaksin COVID-19 Sputnik V versi dosis tunggal. Otoritas setempat menjelaskan bahwa vaksin ini akan jadi alternatif dari versi awal yang membutuhkan dua dosis untuk menciptakan kekebalan optimal.

Harapannya vaksin Sputnik V dosis tunggal dapat jadi solusi sementara bagi negara-negara dengan tingkat infeksi COVID-19 yang tinggi dan ingin segera mengejar cakupan vaksinasi.

"Kita tengah menjalankan uji klinis fase tiga di tingkat internasional," ungkap Arsen Kubataev dari Russian Direct Investment Fund, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (30/3/2021).

Vaksin Sputnik V diketahui jadi salah satu jenis vaksin COVID-19 yang tengah dikaji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Rencananya vaksin tersebut akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong yang terpisah dari program vaksinasi pemerintah.

"Untuk Sputnik masih dalam proses kok, sama dengan vaksin-vaksin lainnya. Dalam proses pengujian dan pengkajian," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, beberapa waktu lalu.



Simak Video "Serba-serbi Sputnik-V yang Sudah Dapat EUA BPOM"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)