Rabu, 31 Mar 2021 06:58 WIB

Round Up

Guru Ditarget Juni Selesai Vaksin Corona, Bisa Suntik di Mana?

Tim detikHealth - detikHealth
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN juga melayani vaksinasi guru Sentra vaksinasi Istora Senayan sudah melayani vaksinasi guru (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta -

Target pemerintah untuk membuka kembali sekolah tatap muka secara terbatas pada Juli 2021 mengharuskan para guru dan tenaga pendidik untuk sesegera mungkin mendapat vaksinasi COVID-19. Ditarget, akhir Juni 2021 semua guru sudah disuntik.

"Kami mendorong semua pemerintah daerah (Pemda) yang sedang melakukan vaksinasi untuk memprioritaskan tenaga pendidik," pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam konferensi pers Selasa (30/3/2021).

Rincian target vaksinasi guru adalah sebagai berikut:

PAUD/SD/MI, SLB sederajat pesantren dan pendidikan keagamaan

- Vaksinasi dosis pertama: Akhir minggu kedua Mei 2021.

SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK sederajat

- Vaksinasi dosis pertama: Akhir minggu keempat Mei 2021.

Pendidikan tinggi

- Paling lambat selesai dilaksanakan pada akhir minggu kedua Juni 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut di antara 17,6 juta petugas pblik, tenaha pendidik jadi prioritas utama saat ini. Sebanyak 5,6 juta tenaga pendidik ia harapkan selesai divaksin tepat waktu.

"Jadi kami mohon semua sekolah, semua universitas, semua pemerintah daerah bantu para pendidik untuk membuat program satu sekolah suntik bersama atau beberapa sekolah di satu kota suntik bersama, sehingga mempercepat akselerasi karena kita harus menyelesaikan 5,6 juta suntikan ini sampai akhir Juni," pungkasnya.

Beberapa sentra vaksinasi sudah membuka layanan vaksinasi guru, namun terbatas bagi yang sekolahnya sudah terdaftar. Guru dari sekolah-sekolah yang belum terdaftar di sentra vaksinasi mungkin hanya perlu bersabar menunggu giliran.



Simak Video "Tempat Rawan Penularan Virus di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)