Rabu, 31 Mar 2021 15:30 WIB

Viral Janin Meninggal Diklaim Akibat Rumput Fatimah, Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
First moments with the baby and the excitement of being a family or parents Viral janin disebut meninggal karena rumput fatimah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/blueshot)
Topik Hangat Bahaya Rumput Fatimah
Jakarta -

Di media sosial tengah viral kabar ada janin yang meninggal di dalam kandungan diklaim karena rumput fatimah. Memang sebenarnya apa sih rumput fatimah itu?

Dikutip dari halaman drugs.com, rumput fatimah atau kacip fatimah (Labisia pumila) merupakan herba dari Asia Tenggara yang umum dimanfaatkan untuk kebugaran tubuh. Tumbuhan ini kadang juga dikonsumsi dengan alasan untuk memperlancar persalinan.

Menurut ahli herba Steven Foster dari American Botanical Council, rumput fatimah kaya akan kandungan antioksidan asam askorbat, vitamin C, beta karoten, antosianin, dan flavonoid. Peneliti juga mengatakan rumput fatimah mengandung fitoestrogen yang memiliki efek serupa hormon estrogen.

"Ramuan dari herba rumput fatimah biasa diberikan satu sampai dua bulan sebelum persalinan dengan alasan untuk memperkuat otot abdominal, serta dinding dan jaringan vagina," tulis drugs.com yang menyebut hal ini sebetulnya tidak dianjurkan karena minim data uji klinis.

Ahli kandungan dr Nurhadi Rahman, SpOG, dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta pernah mengatakan bahwa konsumsi rumput fatimah bisa memicu kontraksi. Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsinya karena sulit mengatur dosis yang tepat.

"Karena dosisnya tidak dapat ditentukan. Bisa jadi nanti saat di RS akan mengalami kontraksi yang berlebihan dan lebih kuat dari yang diharapkan," kata dr Adi beberapa waktu lalu.

Kontraksi berlebih dan lebih kuat dari yang diharapkan akan berakibat pada robeknya rahim. Sedangkan, bagi si bayi, kontraksi rahim yang berlebihan membuat tidak ada jeda untuk mendapatkan oksigen sehingga bisa membuat si bayi stres.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)
Topik Hangat Bahaya Rumput Fatimah