Kamis, 01 Apr 2021 18:35 WIB

Bolehkah Berolahraga Habis Vaksinasi COVID-19? Ini Kata Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 tahap kedua untuk atlet dilakukan di Rumah Sakit Olahraga Nasional, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (12/3). Vaksinasi untuk atlet dan pelatih ini dilakukan secara bertahap. Foto: DEDY ISTANTO
Jakarta -

Di tengah maraknya program vaksinasi COVID-19, mungkin ada orang yang berpikir ingin lebih baik menjaga kebugaran tubuhnya dengan berolahraga. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, bolehkah kita olahraga usai mendapat suntikan vaksin COVID-19?

Ahli penyakit infeksius dr David Wyles dari Denver Health menjelaskan vaksin memang bisa menimbulkan efek samping, namun secara umum bersifat ringan. Efek samping bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari sehingga seharusnya tidak terlalu menjadi halangan bagi seseorang untuk beraktivitas seperti biasa.

"Saya pikir tidak ada hal yang berbahaya bila ingin olahraga usai mendapat vaksin," kata dr David seperti dikutip dari Health, Kamis (1/4/2021).

Bila memang seseorang mengalami efek samping, maka disarankan memilih olahraga santai. Sebagai contoh, bila lengan terasa nyeri tapi seluruh tubuh tidak ada masalah, mungkin olahraga yang dilakukan bisa fokus pada otot inti atau otot kaki.

Contoh lainnya bila timbul efek samping lemas usai vaksinasi, pilih olahraga yang tidak terlalu menuntut fisik, seperti jalan kaki.

"Tidak ada larangan berolahraga usai mendapat vaksin. Selama kamu masih bisa menoleransi efek samping yang dirasakan," komentar ahli penyakit infeksius lainnya, dr Aditya Shah, dari Mayo Clinic.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)