Minggu, 11 Apr 2021 14:47 WIB

Lia Eden Dikabarkan Meninggal, Sakit Apa?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Orang-orang yang tergabung dalam komunitas keyakinan Lia Eden mendatangi KPK dengan busana serba putih, Senin (16/2/2015). Kehadiran mereka adalah untuk memberikan dukungan moral terhadap lembaga pemberantas korupsi, KPK. Komunitas Lia Eden (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Sosok kontroversial Lia Aminuddin alias Lia Eden dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (9/4/2021). Tidak disebutkan apa penyebab meninggalnya pemimpin sekte 'Tahta Suci Kerajaan Tuhan' tersebut.

Catatan detikcom, Lia Eden mengaku punya riwayat diabetes. Pengakuan tersebut disampaikannya saat menghirup udara bebas di Lapas Perempuan Tangerang, 10 tahun silam.

"Usia saya sudah tua, sudah 64 tahun. Saya menderita diabetes," katanya, Jumat (15/4/2021).

Ketika itu, Lia Eden baru saja selesai menjalani hukuman sebagai terpidana kasus penodaan agama. Sekte yang ia pimpin dinyatakan sesat sehingga harus mendekam selama 2,5 tahun di penjara.

Pada Februari 2006, Lia Eden sempat dirawat di ruang rawat tahanan RS Polri Dr Sukanto Kramat Jati. Tidak disebutkan penyakit apa yang dialaminya saat itu.

Psikiater yang menangani saat itu menjelaskan, Lia Eden mejalani observasi dan pemeriksaan fungsi otak. Hasil pemeriksaan tidak diungkap, selain karena observasi memang masih berlangsung saat itu.

"Sesuai kode etik kedokteran, saya nggak bisa mengasih keterangan yang detil," kata dr Henny Riana, SpKJ, Jumat (17/2/2006).

Kabar Lia Eden meninggal beredar di Facebook dan berbagai platform media sosial. Salah satunya dikabarkan oleh Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk).

"Lia Eden (Lia Aminudin) yang sejak 1995 meyakini terus menerima bimbingan malaikat Jibril telah meninggal Jumat (9/4) lalu," demikian dikutip dari akun Facebook Sejuk, Minggu (11/4/2021).

Belakangan, unggahan tersebut dihapus dan diganti unggahan lain yang juga menginformasikan kabar Lia Eden meninggal.



Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)