Jumat, 14 Mei 2021 18:00 WIB

Evakuasi Jenazah Hanyut Diduga Corona, India Pasang Jaring di Sungai Gangga

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Mayat di Sungai Gangga India Puluhan jenazah yang diduga korban COVID-19 mengambang di Sungai Gangga, India. (Foto ilustrasi: Dok. Associated Press)
Jakarta -

Polisi di India memasang jaring di sepanjang sisi Sungai Gangga untuk mengevakuasi jenazah yang diduga sebagai korban COVID-19. Tindakan ini dilakukan setelah puluhan jenazah mengambang di sungai tersebut.

Dikutip dari New York Post, jenazah-jenazah ini muncul dari beberapa wilayah dan ditemukan sudah dalam keadaan membusuk. Pejabat setempat meyakini jenazah-jenazah ini dihanyutkan karena pihak keluarganya tak lagi mampu membayar biaya pemakaman yang mahal, serta sulitnya melakukan kremasi.

"Ada kemungkinan bahwa beberapa orang dengan tergesa-gesa membuang jenazah di sungai seperti ini," ucap Hitendra Krishna, pejabat polisi setempat.

Pemasangan jaring ini pun telah dikonfirmasi oleh Menteri Sumber Daya Air India, Bihar Sanjay Kumar. Disebutkan, jaring-jaring ini telah dipasang di sisi Sungai Gangga yang berbatasan dengan Uttar Pradesh.

"Pemerintah sangat sedih baik atas tragedi tersebut maupun kerusakan Sungai Gangga," ujar Kumar kepada NDTV, Rabu (12/5/2021).

Diketahui dalam 24 jam terakhir India mencatat 4.000 kasus kematian dan sekitar 343.000 kasus baru Corona. Ini merupakan ketiga kalinya secara berturut-turut kematian akibat COVID-19 di India mencapai 4.000 kasus per hari.



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)