ADVERTISEMENT

Rabu, 19 Mei 2021 12:49 WIB

Kasus Harian Turun, Tsunami COVID-19 di India Sudah Melandai?

Ayunda Septiani - detikHealth
Corona india COVID-19 di India. (Foto: (AP Photo/Mahesh Kumar A, File))
Jakarta -

Konsul Jenderal RI Mumbai Agus Prihatin Saptono mengungkap kondisi terkini di India. Sebelumnya, India mengalami ledakan kasus Corona yang tinggi dan melaporkan ratusan ribu kasus positif.

"Yang mungkin belum tersampaikan adalah yang sembuh, yang sembuh lebih dari 400 ribu jiwa, yang sembuh itu lebih dari 400 ribu. Tepatnya 11 Mei 2021 yang sembuh mencapai 422 ribu jiwa," jelas Agus dalam konpers virtual, rabu (19/5/2021).

"Nah jadi memang di sini yang selama ini tercermin yang terkena COVID, betul angka kasusnya tinggi, tetapi per hari ini sudah melandai. Dalam satu minggu terakhir ini diseluruh wilayah India sudah mulai menurun," tambahnya.

Per 17 Mei, kasus COVID-19 di India tercatat 281.386, turun dibandingkan pekan sebelumnya yang bahkan sempat mencapai 400 ribu kasus per hari.

Apa yang dilakukan pemerintah India dalam menangani kasus Corona?

Agus menyebutkan, pemerintah setempat menambah manajemen hunian rumah sakit dan langkah untuk penambahan jumbo isolation centers.

"Jadi di sini, kebijakan untuk tetap mempertahankan 6 jumbo COVID isolation center yang berada di 6 distrik Maharashtra," bebernya.

Penambahan kapasitas jumbo isolation center tersebut yang terdiri dari 3 ribu bed, dan toilet mandiri. Seribu bed dengan fasilitas oksigen dan 300 bed untuk ICU.

Selain itu, Agus juga mengatakan, semua negara bagian di India bisa melakukan tes PCR sebanyak 200 ribu swab test per hari.

Negara tersebut juga melakukan penyegelan kawasan atau rumah/hunian. Ketika ada yang terpapar Corona sekitar 5 orang langsung dilakukan penyegelan.



Simak Video "AS Borong Puluhan Juta Pil Pfizer untuk Hadapi Tsunami Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT