Kamis, 20 Mei 2021 11:00 WIB

Vaksin Sinopharm 'Ditawarkan' Jadi Dosis Ketiga Vaksin Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Vaksin Sinopharm 'ditawarkan' menjadi vaksin booster di Uni Emirat Arab hingga Bahrain. Rencananya, diberikan setelah enam bulan pasca disuntik vaksin Corona dosis kedua.

Vaksin booster atau vaksin Corona dosis ketiga nantinya diprioritaskan bagi kelompok rentan. UEA mengaku hal ini adalah bagian dari strategi pemerintah untuk memberikan perlindungan maksimal kepada warganya.

"Tawaran UEA adalah bagian dari strategi proaktif untuk memberikan perlindungan maksimum bagi masyarakat," beber Otoritas Manajemen Bencana dan Krisis Darurat Nasional (NCEMA), sembari menegaskan, pemberian vaksin Corona dosis ketiga akan dimulai pada warga usia di atas 60 tahun atau pengidap penyakit kronis.

Dikutip dari Reuters, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pekan lalu menyetujui vaksin Corona Sinopharm untuk penggunaan darurat. Berdasarkan hasil uji klinis Fase III, dua dosis vaksin Corona Sinopharm dengan interval vaksin 21 hari, memiliki efikasi 79 persen terhadap infeksi bergejala COVID-19, 14 hari hingga beberapa hari setelah dosis kedua vaksin Corona Sinopharm diberikan.

UEA, yang memimpin uji klinis Fase III dari vaksin Sinopharm, telah mulai memproduksinya di bawah usaha, antara Sinopharm dan perusahaan teknologi Grup 42 yang berbasis di Abu Dhabi.

"UEA, pusat bisnis dan pariwisata regional dari sekitar 9 juta orang, telah memvaksinasi sekitar 73 persen dari populasi yang memenuhi syarat," kata NCEMA.

UEA menyediakan empat vaksin Corona secara gratis tetapi tidak memberikan rincian untuk masing-masing vaksin. UEA pada hari Selasa melaporkan 1.270 infeksi virus Corona baru sehingga total menjadi 548.681 kasus dengan 1.637 kematian.



Simak Video "500 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm untuk Program Gotong Royong Tiba di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)