ADVERTISEMENT

Senin, 24 Mei 2021 13:35 WIB

Vaksinasi Tahap 3 di Jakarta Dimulai, Giliran Siapa Saja Sekarang?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ribuan Karyawan dan pemilik toko di Tangcity Mall mengikuti Vaksinisasi gelombang II Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 digelar Dinas Kesehatan Kota Tangerang di Ballroom Novotel Tangerang, Senin (1/3/21). Pelaksanaan vaksinasi periode dua untuk pekerja pelayan publik telah dimulai di Kota Tangerang. Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Seiring upaya penanganan pandemi COVID-19, vaksinasi tahap 3 sudah mulai dijalankan. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menyebut, program ini baru berlangsung di DKI Jakarta dan merupakan 'pilot project'.

"Di beberapa tempat khususnya tadi pada masyarakat rentan pada daerah dengan aspek ekonomi sosial ini sudah berlaku. Salah satu contohnya ini adalah apa yang dilaksanakan oleh teman-teman provinsi DKI Jakarta karena kita lihat, DKI Jakarta juga kasus COVID cenderung tinggi, meningkat dan banyak," ujarnya dalam diskusi daring, Selasa (18/5/2021).

"Ini adalah daerah urban yang kita ketahui variansi masyarakatnya sangat beragam, diversitas dari status sosial dan ekonomi. Kemarin DKI sudah memulai dan ini pilot project sebelum kita melakukan secara nasional," lanjut dr Nadia.

Dalam kesempatan lainnya, juru bicara vaksinasi COVID-19 tingkat pusat & Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr. Reisa Broto Asmoro memaparkan, vaksinasi tahap 3 ini menyasar kelompok rentan, termasuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan disabilitas.

Laporan terakhir per Minggu (23/5/2021) pukul 18.00 oleh akun resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, vaksin COVID-19 dosis 1 telah diberikan kepada 14.909.734 orang, mencakup 36,95 persen dari total sasaran vaksinasi COVID-19 di RI. Sedangkan dosis 2 telah diberikan ke 9.881.024 orang, setara 24,49 persen dari total sasaran.

Akan tetapi, angka tersebut baru mencakup kelompok masyarakat tenaga kesehatan (nakes), petugas layanan publik, dan lansia sebagaimana yang ditetapkan dalam program vaksinasi COVID-19 tahap 2.

"Kepada penderita ODGJ dan disabilitas juga, dan ini bekerja sama dengan komunitas. Jikalau disabilitas dengan yayasan-yayasan, kalau ODGJ bersama dengan dinas sosial. Kalau padat penduduk ini biasanya dilakukan melalui kelurahan, desa, melalui dinas kesehatan," terangnya terkait update vaksinasi tahap 3 di DKI Jakarta, Jumat (21/5/2021).



Simak Video "Inggris Jadi Negara Pertama yang Setujui Vaksin Khusus Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT