Senin, 31 Mei 2021 10:15 WIB

Dialami Fadli Zon, Ini Bedanya Batuk Biasa Vs Gejala COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Fadli Zon usai menghadiri acara di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (8/4/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta -

Politisi Fadli Zon positif COVID-19 dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Ketua Pelaksana Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Fadli Zon hanya mengalami gejala batuk-batuk.

"Soal gejala, ya, biasa batuk-batuk, dan tolong didoakan semua supaya berjalan dengan baik," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (31/5/2021).

Dari berbagai gejala COVID-19, batuk seperti dialami Fadli Zon termasuk yang paling umum dialami saat terinfeksi COVID-19. Namun, gejala ini sering diabaikan, karena dianggap sama seperti batuk biasa atau bukan karena COVID-19.

Bagaimana cara membedakannya?

1. Waktu kemunculan gejala batuk

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah waktu kemunculan gejala batuk. Menurut dokter spesialis paru-paru dr Budhi Imansyah, SpP, FISR, dari Primaya Hospital Bekasi Barat, batuk karena COVID-19 biasanya muncul secara tiba-tiba, tanpa penyebab yang jelas, dan terjadi terus menerus.

Biasanya, ada beberapa penyebab seseorang bisa batuk, seperti terpapar udara kotor atau kebiasaan merokok. Namun, pada kasus infeksi COVID-19 seperti yang dialami Fadli Zon ini, batuk itu muncul tanpa ada penyebab sebelumya.

2. Batuk kering

Biasanya, batuk akibat COVID-19 tanpa disertai dahak atau batuk kering. Menurut Aline M Holmes dari Rutgers University School of Nursing, batuk yang disebabkan COVID-19 itu terdengar kasar, berat, dan berasal dari paru-paru bagian bawah.

Namun, dr Budhi mengatakan pada beberapa kasus, ada juga yang mengalami gejala batuk basah. Ia menjelaskan kondisi ini terjadi saat infeksi sudah dalam tahap menimbulkan pneumonia, sehingga paru-paru terisi cairan peradangan.

3. Sesak napas

Umumnya, batuk atau pilek tidak sampai menimbulkan sesak napas. Jika ini terjadi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan agar segera mencari bantuan media.

"Ketahuilah tanda-tanda darurat dari COVID-19. Bila ada seseorang memiliki tanda-tanda ini, segera cari bantuan medis," tulis CDC dari situs resminya.

4. Muncul gejala penyerta

Infeksi COVID-19 bisa menimbulkan berbagai gejala, salah satunya batuk yang dialami Fadli Zon ini. Tetapi, jika batuk itu disertai dengan gejala lain seperti demam, nyeri, kehilangan kemampuan indra perasa dan penciuman, diare, lelah, sakit kepala, hingga sakit tenggorokan bisa jadi itu adalah gejala COVID-19.



Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)