Sabtu, 05 Jun 2021 07:00 WIB

4 Metode Sunat Paling Hits saat Ini, Laser hingga Stapler

Ardela Nabila - detikHealth
Bulan Juni merupakan masa liburan panjang bagi anak-anak sekolah. Tak sedikit acara sunatan massal mulai marak digelar, seperti yang dilakukan PT Garuda Indonesia (persero) Tbk, dalam rangka melaksanakan CSR bagi masyarakat sekitar di Halim Perdanakusumah, Jakarta. File/detikFoto. Ilustrasi sunat (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Menentukan metode sunat terbaik untuk anak memang sering kali membuat banyak orang tua galau. Pasalnya, banyak variasi metode sunat yang ditawarkan oleh rumah sakit dan klinik sunat.

Bagi orang tua yang ingin menyunatkan anaknya saat libur sekolah nanti, sebaiknya jangan terlalu lama memikirkan metode sunat terbaik untuk anak. Sebab, rumah sakit dan klinik sunat akan mengalami peningkatan pengunjung menjelang libur sekolah.

Alih-alih terlalu lama menentukan pilihan dan berujung tidak mendapatkan slot di rumah sakit atau klinik lantaran reservasi telah penuh, yuk segera tentukan metode sunat untuk anak agar bisa cepat-cepat reservasi di rumah sakit atau klinik sunat tujuan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 metode sunat paling populer yang bisa Ayah-Ibu pertimbangkan untuk anak. Namun, perlu diingat bahwa kisaran harga setiap metode akan berbeda-beda tergantung dari rumah sakit atau kliniknya serta fasilitas yang disediakan.

1. Klem

Klem merupakan salah satu metode sunat yang paling populer belakangan ini. Sunat dengan metode ini nantinya akan menggunakan tabung plastik khusus yang memiliki ukuran bervariasi sesuai dengan ukuran penis masing-masing anak.

Kemudian, tabung khusus tersebut akan dipasangkan ke dalam kepala penis dan dikunci dari luar. Proses sunat dengan teknik klem memakan waktu yang sangat cepat, yakni hanya sekitar 5-10 menit saja. Teknik ini juga memiliki risiko rendah mengalami pendarahan dan tidak perlu dijahit.

Setelah sunat, anak pun bisa langsung beraktivitas seperti biasa. Hanya saja, penggunaan tabung pada metode sunat klem bisa mengganggu kenyamanan anak saat beraktivitas.

2. Laser

Metode yang satu ini juga merupakan metode sunat yang paling banyak ditawarkan oleh kebanyakan rumah sakit dan klinik sunat. Teknik sunat laser atau electrical cauter ini menggunakan besi yang dihantarkan melalui aliran listrik.

Suhu panas yang dihantarkan tersebut nantinya dimanfaatkan untuk memotong kulit kepala penis. Berbeda dengan teknik klem yang hanya memakan waktu sebentar, proses sunat dengan metode laser membutuhkan waktu selama 30-60 menit.

Sama seperti sunat teknik klem, risiko pendarahan sunat teknik ini sama-sama rendah. Hanya saja, penis tetap perlu dijahit dan diperban usai sunat.

Ada juga metode sunat stapler. Selengkapnya simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sunat ala 'Bengkong' Betawi, Prosesnya Diklaim Cuma 2 Menit"
[Gambas:Video 20detik]