Minggu, 20 Jun 2021 14:45 WIB

Alert! Imbas Ledakan Corona, Persi Sebut Jateng Mulai Kekurangan Oksigen

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus COVID-19 di Indonesia tengah mengalami lonjakan. Pada periode ini, kebutuhan oksigen medis ikut meningkat. Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Sekretaris Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia Gardenia Partakusuma mengkhawatirkan pasokan oksigen di tengah lonjakan kasus COVID-19. Ia juga telah mendapt laporan kekurangan tabung oksigen di Jawa Tengah.

"Saat ini kami mendapat laporan kekurangan tabung oksigen ini di Jawa Tengah," katanya dalam jumpa pers virtual, Minggu (20/6/2021).

"Mengenai (kekurangan) oksigen kita pernah mengalami tahun lalu di mana satu provinsi mengeluh hebat bahwa oksigen sama sekali tidak ada. Ini terjadi pada Desember-Januari di NTT," lanjutnya.

Untuk mengantisipasi kekosongan tabung oksigen, Lia mengatakan telah berkomunikasi dengan penyedia agar segera mengirimkan stok oksigen mengantisipasi makin banyaknya kasus Corona.

Stok oksigen menipis sendiri sejalan dengan peningkatan pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit. Belum lagi banyak pasien Corona yang disebut datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi buruk.

"Kami juga mendorong agar provinsi bisa membuat upaya sendiri agar oksigen ini bisa dibuat di daerah," ujarnya.



Simak Video "Langkah Pemerintah Hadapi Permintaan Oksigen 3.000 Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)