Jumat, 02 Jul 2021 05:30 WIB

Sedang Promil, Boleh Vaksin COVID-19? Begini Pengaruhnya pada Kesuburan

Destria - detikHealth
close-up of smiling woman holding pregnancy test Foto: iStock
Jakarta -

Program vaksinasi COVID-19 tengah berjalan di Indonesia, sebagai upaya untuk menekan angka positif COVID-19 yang semakin meningkat. Kini cakupan vaksinasi telah diperluas, tak hanya dewasa dan lansia, tetapi ibu hamil pun bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19. Bagi yang mau hamil alias sedang program hamil (promil), bagaimana?

Bagi Anda yang sedang melakukan program hamil, dan masih ragu untuk mendapatkan vaksin COVID-19, jangan khawatir, karena vaksin COVID-19 aman. Setelah mendapatkan vaksin COVID-19, Anda masih bisa melanjutkan program hamil.

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) tidak menyarankan untuk menunda kehamilan bagi wanita yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 dengan lengkap atau telah melakukan dua kali vaksin.

Efek samping pada vaksin COVID-19 tidak mengganggu kesuburan bagi yang sedang melakukan program hamil. POGI juga menegaskan bahwa vaksinasi tidak berpengaruh pada infertilitas atau kesuburan.

"Penundaan kehamilan tidak disarankan pada ibu yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara lengkap dan vaksinasi tidak berpengaruh pada infertilitas," demikian isi surat rekomendasi POGI, dilansir dari Facebook resminya.

Bagi Anda yang mengalami kehamilan setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19, POGI merekomendasikan untuk tetap melanjutkan vaksinasi. Namun, dengan syarat melaporkan pada pokja ISR PP POGI untuk dimasukkan ke dalam registrasi penelitian.

Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, mengatakan bahwa POGI telah memberikan rekomendasi pemberian vaksin pada ibu hamil.

"Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia telah memberikan rekomendasi vaksinasi pada ibu hamil," kata Ma'ruf, dikutip dari YouTube BKKBN OFFICIAL, Selasa (29/6/21).

"Kementrian Kesehatan (Kemenkes) juga menegaskan bahwa vaksinasi COVID-19 dapat diberikan pada ibu hamil dengan pengawalan oleh dokter, baik sebelum atau sesudah menerima vaksin," sambungnya.

Lalu apa saja syarat untuk ibu hamil agar bisa mendapatkan vaksin COVID-19?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Cerita Warga yang Kesulitan Dapatkan Vaksin Dosis Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)