Minggu, 11 Jul 2021 05:25 WIB

Bakal Ada Vaksinasi COVID-19 Berbayar di Kimia Farma, Aturan Baru?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Topik Hangat Vaksin Corona Berbayar
Jakarta -

Bagi yang tidak sabar menunggu antrean, vaksinasi COVID-19 gotong royong kini tersedia juga untuk individu. Artinya, siapapun kini bisa bayar untuk dapat vaksin COVID-19 duluan. Aturan baru?

Sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia dilakukan melalui dua jalur yakni vaksinasi program dan vaksinasi gotong royong. Pada vaksinasi program tidak ada pungutan biaya alias gratis, sedangkan vaksinasi gotong royong biaya ditanggung perusahaan tetapi tetap gratis untuk karyawan.

Nah pada 5 Juli 2021, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang merupakan perubahan kedua atas Permenkes Nomor 10 Tahun 2021.

Salah satu perubahan dalam Permenkes Nomor 19/2021 tersebut adalah bahwa vaksinasi gotong royong kini tidak hanya bisa dilakukan oleh badan hukum/badan usaha untuk karyawan/karyawati, melainkan juga bisa dilakukan secara perorangan atau individu.

Pelaksanaannya, PT Kimia Farma Tbk mulai Senin 12 Juli 2021 akan membuka klinik vaksinasi individu. Untuk tahap awal, program ini akan ada di 6 kota dengan 8 klinik, dan selanjutnya akan diperluas jangkauannya.

"Setelah menjalankan Vaksinasi Gotong Royong perusahaan, Kimia Farma memberikan pilihan baru bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi sendiri," kata Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, Verdi Budidarmo, dikutip dari detikFinance.

Kedelapan klinik yang bakal melayani vaksinasi gotong royong individu adalah:

  1. Jakarta KF Senen, kapasitas 200 orang per hari
  2. Jakarta KF Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari
  3. Jakarta KF Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari
  4. Bandung KF Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari
  5. Semarang KF Citarum, kapasitas 100 orang per hari
  6. Solo KF Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari
  7. Surabaya KF Sedati, kapasitas 200 orang per hari
  8. Bali KF Batubulan, kapasitas 100 orang per hari
(up/up)
Topik Hangat Vaksin Corona Berbayar