Kamis, 29 Jul 2021 21:00 WIB

6 Obat Bisul Alami yang Bisa Diambil di Dapur, Mujarab dan Pastinya 'Murmer'

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan menimbulkan rasa nyeri. Bagi kamu yang sedang mencari obat bisul, beberapa bahan rumahan di bawah ini bisa dicoba.

Namun, sebelum membahas soal obat bisul, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penyakit ini. Jangan sekali-kali mencoba memencet atau meremas bisul, karena tindakan ini bisa menyebabkan penyakit kulit tersebut menjadi tambah parah.

Bisul bisa muncul karena adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel rambut, sehingga kulit membengkak, terisi oleh nanah, dan menimbulkan nyeri. Bisul dapat muncul di seluruh permukaan kulit, namun yang paling sering adalah di area yang mudah berkeringat dan dipenuhi rambut.

Berikut sejumlah obat bisul alami yang bisa kamu coba di rumah.

1. Kompres hangat

Dikutip dari Healthline, kompres hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi sel darah putih dan antibodi ke area yang dirangsang untuk melawan infeksi. Lakukan hal ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari dengan waktu 20 menit setiap kompresnya, sampai bisul menghilang.

2. Minyak pohon teh

Obat bisul selanjutnya adalah minyak pohon teh atau tea tree oil. Minyak ini memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat untuk mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul.

Namun, minyak ini tidak boleh dioleskan langsung ke kulit, karena dapat menimbulkan efek terbakar. Kamu bisa mencampurkan lima tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.

Oleskan minyak pohon teh yang sudah encer ke kapas, kemudian oleskan pada kulit yang ada bisulnya sebanyak 2-3 kali sehari. Lakukan langkah ini sampai bisul menghilang.

3. Bubuk kunyit

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada bubuk kunyit dapat membantu menyembuhkan bisul.

Uniknya, bubuk kunyit untuk pengobatan bisul bisa dilakukan dengan dua cara, yakni diminum atau dioleskan pada permukaan bisul. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa merebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, dan minum 3 kali sehari setelah dingin.

Apabila ingin dioleskan, campurkan terlebih dahulu bubuk kunyit dengan air atau jahe sehingga menjadi seperti adonan, kemudian oleskan pada bisul setidaknya dua kali sehari.

Rekomendasi obat bisul alami lainnya bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Intaian Varian Baru Covid-19 dan Bahayanya Jika Sampai Lengah"
[Gambas:Video 20detik]