ADVERTISEMENT

Jumat, 13 Agu 2021 15:08 WIB

Cerita Nakes Disuntik Vaksin Moderna, Efek Samping Pegal-Demam Sampai H+3

Ayunda Septiani - detikHealth
Vaksin dosin ketiga atau booster diberikan untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8). Vaksin yang diberikan adalah vaksin Moderna. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Tenaga kesehatan (nakes) menjadi salah satu penerima vaksin COVID-19 Moderna. Mereka mendapatkannya sebagai booster atau suntikan dosis ketiga. Seorang nakes menceritakan pengalamannya mendapat vaksin berbasis mRNA buatan Amerika Serikat tersebut.

Uliarta (32), seorang nakes yang bekerja di sebuah rumah sakit di Tangerang mendapatkan dosis vaksin ketiga menggunakan Moderna pada tanggal 9 Agustus 2021. Seperti halnya vaksin yang lain, vaksin Moderna yang diterimanya memberikan efek samping sesaat setelah disuntikkan.

Ia mengatakan, pada hari pertama ia disuntik, merasakan pegal pada area suntikan dan merasakan sedikit demam. Tidak lama setelah itu Uli minum obat sumagesik setiap 4 jam.

"Hari kedua demam suhu 39,1 (derajat celcius) dan lengan area suntikan bertambah sakit, tetapi minum obat sanmol pada hari ketiga, suhu sudah normal dan nyeri pada area penyuntikkan sudah berangsur membaik dan tidak terlalu sakit," jelas Uli saat dihubungi detikcom, Jumat (13/8/2021).

Pada hari keempat, Uli menyebutkan jika dirinya sudah mulai berangsur normal dengan kondisi tubuhnya dan tidak lagi merasakan adanya keluhan setelah divaksin.

Efek setelah vaksin yang dirasakan Uli ternyata mirip dengan rekan-rekan nakes lainnya yang juga mendapatkan booster bersama dengan Uli.

Selain itu, Uli menyebutkan, pada vaksin 1 dan 2 ia tidak ada merasakan keluhan apapun, berbeda sedikit dengan Moderna.

"Ya Moderna aja sedikit menyakiti ya hehe...," pungkas Uli.

Efek samping vaksin Moderna bikin banyak orang penasaran, mengingat vaksin ini mulai disuntikkan bagi kalangan umum (non nakes). Bedanya, jika pada nakes disuntikkan sebagai booster, di kalangan umum vaksin ini diberikan sebagai dosis pertama dan kedua.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut ada beberapa keluhan efek samping yang masuk. Umumnya bersifat ringan, dan terbanyak pegal di tempat penyuntikan.

"Ada (laporan efek samping vaksin Moderna pada nakes), tetapi sifatnya ringan dan dalam 1-3 hari sembuh. Seperti demam, nyeri kepala. Terbanyak pegal dan sakit di tempat penyuntikan," ujarnya pada detikcom, Jumat (13/8/2021).

Kementerian Kesehatan saat ini telah mendistribusikan 5,1 juta vaksin Moderna untuk umum. Berkesempatan mendapatkan vaksin ini? Ceritakan pengalaman di komentar ya.



Simak Video "Vaksin Moderna Diklaim Aman untuk Anak 6-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT