Selasa, 07 Sep 2021 05:59 WIB

Kok Bisa? 1.625 Kasus 'Hitam' Positif dan Kontak Erat COVID-19 Berkeliaran

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 masih terus berlangsung hingga 10 Agustus, namun kini sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta telah kembali buka beberapa tenan langsung diskon gede-gedean ! Lebih dari seribu kasus 'hitam' terdeteksi berkeliaran melalui PeduliLindungi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI dr Dante Saksono Harbuwono mengungkap ada 1.624 kasus 'hitam' terdeteksi berkeliaran di jalan. Kasus 'hitam' adalah kriteria baru yang ditambahkan di aplikasi PeduliLindungi.

"Kriteria hitam ini adalah mereka yang kasus COVID-19 positif dan kontak erat positif, ini dilakukan evaluasi agar tidak melakukan penyebaran dan meningkatakan terjadinya kasus tersebut," kata Wamenkes dalam konferensi pers PPKM, Senin (6/9/2021).

Kategori warna tersebut digunakan sebagai screening dalam berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk untuk masuk ke mal dan mengakses transportasi umum. Selama masa PPKM, hanya warga yang masuk kategori hijau yang diizinkan beraktivitas.

"Kita berhasil menjaring kira-kira kasus hitam itu sebanyak 1.625. Jadi 1.625 kasus ini adalah mereka yang tidak diketahui sebelumnya, atau diketahui sebelumnya menderita COVID-19 atau kontak erat, tapi mereka masih berkeliaran di jalan," jelas Wamenkes.

"Itu terutama disebabkan karena mereka terdeteksi di sektor perdagangan terutama ketika akan masuk mal," lanjutnya.



Simak Video "Seperti PeduliLindungi, Ini 5 Aplikasi Tracing Covid-19 di Negara Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)