Rabu, 08 Sep 2021 17:30 WIB

Kasus-kasus Pasangan Gancet yang Pernah Heboh di Media Sosial

Ayunda Septiani - detikHealth
A picture of locks on a bridge over a river, symbolizing eternal and unbreakable love. Fenomena gancet atau penis captivus kerap bikin heboh (Foto: Getty Images/iStockphoto/LongHa2006)
Jakarta -

Belum lama ini viral lagi di medsos soal fenomena gancet. Gancet merupakan sebutan beken ketika sedang berhubungan seksual tetapi organ intim pasangan saling tersangkut.

Secara teori hal ini bisa saja terjadi ketika sang wanita mengalami kekakuan pada otot vagina atau dalam dunia medis biasa disebut vaginismus.

Dikutip dari laman Healthline, sejauh ini belum ada kejadian gancet yang benar-benar terkonfirmasi. Namun, hanya ada beberapa laporan anekdot karena kemungkinan pasangan pada akhirnya bisa lepas sendiri sebelum membutuhkan bantuan medis.

Berikut beberapa kasus dugaan gancet yang sempat bikin heboh.

1. Pasangan belum menikah

Baru-baru ini viral di media sosial yang memperlihatkan konten pasangan yang belum menikah diduga mengalami gancet. Video tersebut diunggah dalam akun Youtube berjudul AZAB BERZINA PASANGAN INI GANCET || K3l4MINY4 GAK BISA LEPAS' dan telah dilihat 699 ribu kali.

Namun, dalam keterangan video tersebut mengatakan jika peristiwa itu hanya fiksi alias rekaan.

2. Pasangan selingkuh di Afsel

Pada tahun 2015, sempat viral pasangan gancet di Afrika Selatan (Afsel). Dari laporan media setempat, kejadian ini bermula dari seorang wanita yang bernama Sasha Ngema ketahuan selingkuh dengan pria simpanannya bernama Sol Qoboza.

Dikutip dari laman Daily Mail, kabar pasangan ini membuat polisi sampai harus menggunakan semprotan merica (paper spray) untuk memecahkan massa yang berkumpul di lokasi.

3. Kasus gancet di pantai Italia

Kasus pasangan gancet yang dua dilaporkan di pantai daerah Marche, Italia, pada tahun 2014. Pasangan yang tadinya berencana untuk menghabiskan waktu mereka di pantai harus menahan malu ketika sadar organ intimnya tidak bisa lepas usai bercinta.

"Seorang wanita yang kebetulan melewati pasangan tersebut memanggil layanan darurat. Ia memberikan mereka handuk untuk melindungi martabatnya," tulis Daily Mail.

4. Pasangan di Tanjung Tiram, Sumatera Utara

Kasus gancet selanjutnya berasal dari pasangan di Kecamatan Tanjung Tiram, Sumatera Utara. Dalam sebuah video terlihat pria dan wanita dalam kondisi berpelukan dan tak bisa dilepas. Keduanya kemudian dibawa dengan mobil polisi.

Kapolsek Labuhan Ruku AKP Jagani Sijabat pun meluruskan informasi yang beredar. Ia menyebutkan jika sepasang pria dan wanita itu bukan gancet, melainkan ia memiliki gangguan jiwa.

"Dibawa ke Polsek, dimandikan, diganti bajunya, baru diserahkan kembali ke keluarganya," kata Jagani.

5. Pasangan selingkuh di Kenya

Pada tahun 2012, BBC melaporkan kejadian gancet pada pasangan di Nairobi, Kenya. Dilaporkan pria yang tersangkut baru bisa lepas setelah menyetujui membayar uang pada suami sang wanita.

"Kejadian tahun 2012 di Kenya katanya terjadi setelah sang suami yang diselingkuhi mengunjungi dukun," tulis BBC.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)