Selasa, 21 Sep 2021 14:17 WIB

Verawaty Fajrin Dirawat karena Kanker, Kenali Tanda Paru-paru Sakit

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Verawaty Fajrin Foto: dok. Rosiana Tendean
Jakarta -

Verawaty Fajrin, sang legenda bulutangkis, tengah terbaring sakit akibat kanker paru yang diidapnya. Saat ini, ia tengah menjalani perawatan di rumah sakit untuk mengobati penyakit yang diidapnya sejak bulan Maret 2020 lalu.

Tak hanya kanker paru seperti yang dialami Verawaty Fajrin, ada beberapa jenis penyakit paru yang ternyata paling umum dialami oleh wanita. Penyakit tersebut yaitu asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Seperti halnya kanker paru, tanda-tanda awal penyakit paru juga sering tidak terlalu terlihat dan kerap diabaikan. Padahal, dengan mengetahui tanda atau ciri paru yang sakit itu bisa mencegah kondisi penyakit berkembang menjadi lebih serius.

Untuk itu, sangat penting untuk memperhatikan berbagai gejala yang muncul jika paru-paru sakit. Dikutip dari laman American Lung Association, berikut gejala-gejala yang muncul saat paru-paru sakit.

Batuk kronis

Jika batuk yang dialami terjadi selama delapan minggu atau lebih, itu dianggap sebagai batuk kronis. Ini merupakan gejala awal yang menunjukkan jika ada yang salah dengan sistem pernapasan.

Sesak napas

Tanda kedua yang menandakan paru-paru sakit yaitu sesak napas yang muncul, meski tidak beraktivitas. Kondisi ini terjadi saat seseorang tiba-tiba sulit bernapas atau merasa berat saat menarik napas.

Produksi lendir kronis

Lendir atau dahak yang muncul di saluran pernapasan itu berfungsi sebagai pertahanan atau pelindung paru-paru dari infeksi dan iritasi. Jika produksi lendir terus berlangsung selama sebulan atau lebih, bisa jadi itu tanda awal seseorang mengalami sakit paru.

Mengi

Mengi ini terjadi saat napas seseorang mengeluarkan bunyi yang aneh. Hal ini menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak biasa menghalangi paru atau membuatnya menyempit.

Nyeri dada kronis

Jika sering mengalami nyeri dada mendadak dan sakit saat menarik napas atau batuk, bisa jadi itu adalah tanda awal dari penyakit paru.

Seperti yang diketahui, dengan bantuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora) Verawaty Fajrin dirawat oleh tim dokter spesialis di ruang VIP RS Dharmais. Menpora Zainudin Amali juga telah mengunjungi sang legenda untuk melihat perkembangan kondisinya, ditemani Dirut RS Dharmais dr Soeko Werdi Nindito dan suami dari Verawaty Fajrin.

"Pak Dirut sudah menyampaikan bahwa ini ditangani oleh tim dokter spesialis. Bahkan sekarang Verawaty dirawat di kamar VIP. Semua fasilitas akan diberikan oleh pemerintah khususnya oleh kami Kementerian Olahraga. Kami berharap dan berdoa mudah-mudahan Ibu Verawaty Fajrin segera diberi kesembuhan dan segera pulih kembali," pungkasnya.



Simak Video "Imunoterapi, Terobosan Pengobatan Baru untuk Penderita Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)