Jumat, 01 Okt 2021 07:10 WIB

Diidap Billie Eilish Sejak Kecil, Apa Itu Tourette Syndrome?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Billie Eilish Billie Eilish idap Tourette Syndrome. (Foto: dok. Getty Images)
Jakarta -

Di balik kesuksesannya, penyanyi Billie Eilish mengaku sudah lama mengidap Tourette Syndrome. Dikutip dari Hollywood Life, Billie Eilish pun sudah mengungkap kondisi yang dialaminya itu di akun Instagram miliknya pada April 2019 lalu.

Saat itu, Billie Eilish akhirnya baru berani mengungkapkan kondisi Tourette Syndrome yang dialaminya itu kepada penggemarnya. Berikut ungkapan yang dituliskan Billie di Instagramnya:

"Saya ingin meluruskan ini sehingga semua orang bisa berhenti bertingkah konyol... Saya telah didiagnosis Tourette. Saya tidak pernah menyebutkannya di internet karena tidak ada yang mengira saya bodoh...serta fakta bahwa saya tidak pernah ingin orang memikirkan Tourette setiap kali mereka memikirkan saya," tulis Billie.

"Tourette Syndrome saya membuat hal-hal yang mudah menjadi lebih sulit. Hal-hal tertentu meningkatkan dan/atau memicu intensitas tics," lanjutnya.

Billie Eilish mengaku sudah mengidap Tourette Syndrome ini sejak dirinya masih kecil. Gangguan ini pun sempat membuatnya tidak ingin tampil di muka publik.

Apa itu Tourette Syndrome yang dialami Billie Eilish?

Tourette Syndrome merupakan kondisi yang berkaitan dengan sistem saraf. Kondisi ini membuat pengidapnya mengalami gejala tics, yang berupa gerakan atau suara berulang yang tidak bisa terkendali misalnya berkedip berulang kali.

Penyebab Tourette Syndrome

Dikutip dari laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), para dokter dan ilmuwan masih belum mengetahui pasti penyebab dari Tourette Syndrome ini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kondisi itu adalah kondisi genetik yang diturunkan atau genetik, dari orang tua ke anaknya.

Meski penelitian menyebut Tourette Syndrome lebih besar dipengaruhi faktor genetik, ada penelitian lain pun menunjukkan faktor yang mungkin terkait juga dengan Tourette Syndrome, seperti:

  • Merokok selama kehamilan
  • Komplikasi kehamilan
  • Lahir dengan berat badan rendah
  • Infeksi

Lalu, apa saja gejala dari Tourette Syndrome yang dialami Billie Eilish ini? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Burnout Akibat WFH, Begini Cara Mengatasinya"
[Gambas:Video 20detik]