Selasa, 12 Okt 2021 16:54 WIB

#NoBraDay

Kontroversi No Bra Day, Sehari Tanpa BH Tapi Bukan Pamer Payudara

Syifa Aulia - detikHealth
Woman dressing brassiere. Close-up rear view photo Ilustrasi No Bra Day alias Hari Tanpa Bra (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zhenikeyev)
Topik Hangat No Bra Day 2021
Jakarta -

Hari Tanpa Bra atau No Bra Day diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Momen ini dirayakan untuk mengingat serta menghormati pengidap dan penyintas kanker payudara. Tidak diketahui pasti sejarahnya, namun yang jelas sudah mulai ngetren di Amerika Serikat sejak 2011.

Oleh beberapa kalangan, perayaan ini juga dijadikan sebagai momen untuk menyebarkan kesadaran tentang bahaya penyakit kanker payudara dan bagaimana langkah pencegahan yang tepat.

Dikutip dari The Sun, pada Selasa (12/10/2021), sejak 2011 Hari Tanpa Bra dirayakan setiap tanggal 9 Juli. Lalu diubah menjadi tanggal 13 Oktober bertepatan dengan Bulan Kesadaran Kanker Payudara yang jatuh tiap bulan Oktober.

Ahli bedah plastik di Kanada, dr Mitchell Brown, adalah orang yang pertama kali memulai perayaan tersebut dengan sebutan 'BRA Day'. dr Brown menciptakan Hari Kesadaran Rekonstruksi Payudara (BRA) di Women's College Hospital dan Toronto General Hospital.

Tujuannya untuk mendorong penyintas kanker payudara agar mempertimbangkan melakukan operasi rekonstruktif., meningkatkan kesadaran perempuan terkait skrining kanker payudara, mengingatkan gejala yang muncul, dan mendorong perempuan untuk rutin melakukan pemeriksaan.

Bagaimana merayakannya?

Setiap 13 Oktober, tagar #NoBraDay akan muncul di beberapa media sosial. Perempuan akana membagikan foto mereka tanpa bra. Di tahun 2017, lebih dari 82 ribu perempuan memposting gambar tersebut di Twitter dan Instagram.

Penyintas kanker payudara juga ikut merayakan momen tersebut dengan memposting foto mastektomi atau operasi pengangkatan payudara yang terkena kanker.

Namun perayaan ini tak lepas dari kontroversi. Dalam banyak unggahan di media sosial, nuansa 'pamer sensualitas' justru lebih menonjol dibandingkan konten edukasi. Dengan alasan itu pula, banyak yang mempertanyakan kaitan No Bra Day dengan Bulan Kanker Payudara.



Simak Video "Mengenal Rekonstruksi Payudara untuk Penyintas Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat No Bra Day 2021