Minggu, 24 Okt 2021 20:21 WIB

Sex-clusive Interview

Cerita Tak Terlupakan dr Boyke, Seks Kok Lewat Udel!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Namanya juga pakar seks yang juga ginekolog, tentu saja sosok dr Boyke sudah menjadi saksi mata dari banyak masalah soal kandungan dan seksualitas. Ada satu masalah yang dialami pasiennya, yang menyadarkan soal pentingnya edukasi seks yang komprehensif.

Hal ini dialaminya saat sedang menjalani Wajib Kerja Sarjana (WKS) di sebuah puskesmas di Lampung Selatan, sebagai syarat kelulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Ia mengisahkan bahwa di sana, pernikahan dini memang amat banyak terjadi.

Suatu hari, dr Boyke kedatangan pasien sepasang suami istri. Sang suami berusia 16 tahun, sementara istri berusia 14 tahun. Pasangan tersebut sudah menikah dua tahun silam, namun belum kunjung bisa hamil.

"Terus dia datang ke tempat saya, dia bilang 'dokter, saya sudah menikah dua tahun kok nggak punya-punya anak?' Saya pikir kan ini masih muda, saya bilang ya kali ini kan baru kawin, belum terlalu berkembang," ujarnya saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Berdasarkan pemeriksaannya, kedua pasien tersebut dalam keadaan normal. Namun jawaban soal di bagian tubuh mana penetrasi dilakukan bikin dr Boyke tercengang-cengang.

"Apakah istri kamu puas nggak berhubungan? Puas kok, sampai kesakitan dia bilang. Ternyata Anda tahu hubungan seksnya di mana? Hubungan seksnya di udel, sampai kesakitan. Saya lihat memang udelnya sampai dia itu robek, bukan robek begitu, merah begitu loh," sambungnya.

"Jadi kamu melakukan seksnya di situ? Salah masuk saya bilang. Berapa bulan kemudian baru hamil. Itu yang mendorong saya untuk mau menjadi seksolog," pungkasnya.

Bermula dari insiden tersebut, dr Boyke memupuk ambisi untuk menjadi seksolog. Baginya, edukasi seks adalah bekal penting. Bukan hanya untuk kesehatan, juga untuk melindungi anak-anak dari bahaya kekerasan seksual.

(vyp/up)