Senin, 01 Nov 2021 18:30 WIB

Habis Vaksin Boleh Minum Es? Ini yang Boleh Dilakukan Usai Divaksinasi

Syifa Aulia - detikHealth
Vaksin bukan jaminan membuat seseorang benar-benar kebal terhadap penyakit COVID-19. Kadang ada kasus saat seseorang yang sudah divaksinasi masih bisa terinfeksi. Apakah habis vaksin boleh minum es? Begini penjelasannya. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Apakah habis vaksin boleh minum es? Pertanyaan itu kerap muncul di antara orang yang baru disuntik vaksin COVID-19. Menjawab pertanyaan tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa tidak ada makanan dan minuman khusus yang tidak boleh dikonsumsi setelah vaksinasi, khususnya vaksin COVID-19.

Alasannya, makanan atau minuman yang dikonsumsi tidak akan mempengaruhi kinerja vaksin dalam tubuh. Artinya, minum es setelah vaksinasi masih dibolehkan.

Meski begitu, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus tetap memperhatikan kandungan nutrisinya. Lantas, apakah habis vaksin boleh minum es? Boleh saja. Dikutip dari situs web Unicef India, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah vaksinasi:

Perbanyak minum air putih

Setelah vaksin COVID-19 harus perbanyak minum air putih. Apakah habis vaksin boleh minum es? Boleh saja mengonsumsi air putih yang dicampur es setelah vaksin.

Banyak minum air putih sangat baik untuk menghindari dehidrasi. Beberapa jenis vaksin COVID-19 umumnya menimbulkan efek samping seperti nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, dan demam. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mempersingkat durasi efek samping.

Hindari alkohol dan tembakau

Meski belum ada jurnal ilmiah yang menyatakan efek samping alkohol dan tembakau atau rokok terhadap vaksinasi. Situs Unicef India menyarankan untuk mengonsumsi alkohol dan rokok setelah vaksinasi. Sebab, kemungkinan dapat memperburuk efek samping vaksin.

Alkohol disebut dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang secara negatif. Jika dikonsumsi setelah vaksinasi, respons imun tubuh terhadap vaksin kemungkinan tidak efektif. Ini juga berlaku pada tembakau.

Konsumsi makanan yang seimbang

Untuk menghindari efek samping vaksin yang cukup parah, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang. Seperti makanan yang dapat meningkatkan kekebalan, bernutrisi tinggi, serta kaya akan vitamin C. Sebagian contohnya seperti sayuran hijau, kunyit, dan bawang putih.

Hindari aktivitas fisik yang berat

Setelah vaksinasi tubuh harus beristirahat agar vaksinasi dapat bekerja secara maksimal. Setidaknya, istirahatkan tubuh selama 2 sampai 3 hari dari aktivitas fisik yang berat. Sebab, tubuh membutuhkan waktu untuk sembuh dari efek samping vaksin.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)