Kamis, 18 Nov 2021 07:19 WIB

Terungkap! Ini Gerakan Tercepat yang Bisa Dilakukan Tubuh Manusia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Womans hand snapping by fingers. Isolated on white. Menjentikkan jari (Foto: Getty Images/iStockphoto/LIgorko)
Jakarta -

Menggunakan sensor kamera berkecepatan tinggi, para ilmuwan mengungkap akselerasi tertinggi yang bisa dilakukan tubuh manusia. Hal simpel yang kadang tidak kepikiran.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan dari Georgia Institute of Technology mengukur kecepatan dan percepatan atau akselerasi jentikan jari atau finger snap. Teramati, jentikan jadi adalah akselerasi paling cepat yang bisa dilakukan oleh tubuh manusia.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the Royal Society Interface ini menunjukkan velositas rasional maksimal pada jentikan jari mencapai 7.800 derajat perdetik dan akselerasi rotasional maksimal adalah 1,6 juta derajat perdetik kuadrat.

Angka ini 3 kali lebih cepat dibanding lengan pemain baseball profesional.

"Saat pertama kali saya melihat datanya, saya loncat dari kursi," kata peneliti senior Saad Bhamla dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Livescience.

"Jentikan jari terjadi hanya dalam 7 milidetik, lebih dari 20 kali lipat lebih cepat dari kedipan mata, yang butuh lebih dari 150 milidetik," lanjutnya.

Fakta lain yang terungkap adalah jentikan jari sangat bergantung pada friksi gesekan. Jentikan jari bekerja dengan otot lengan sebagai motor untuk menggerakkan semacam pegas di tendon jadi. Energi potensial yang dilepaskan menghasilkan akselerasi yang menakjubkan.

Friksi yang dibutuhkan terdapat pada area yang disebut Goldilocks zone. Terlalu banyak maupun terlalu sedikit friksi yang ada, misalnya karena tertutup material tertentu, membuat jentikan sulit terjadi.

Karenanya, para peneliti meyakini bahwa Thanos dalam film Avengers: Infinity War seharusnya tidak bisa menjentikkan jari ketika menggunakan Infinity Gauntlet. Ya, namanya juga film.



Simak Video "Menkes Sebut Total Vaksin Kedaluwarsa Ada Lebih dari 1 Juta Dosis"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)