Minggu, 21 Nov 2021 16:44 WIB

Kesaksian Pasien Esperanza, Pasien HIV yang 'Sembuh Sendiri' Tanpa Obat

Vidya Pinandhita - detikHealth
HIV - sexually transmitted disease blood test and treatment Ilustrasi kesaksian Esperanza patient, pasien HIV yang disebut 'sembuh sendiri'. Foto: iStock
Jakarta -

Baru-baru ini, dunia digemparkan oleh kabar seorang pasien HIV (Human Immunodeficiency Virus) mendadak sembuh dengan sendirinya, tanpa treatment medis apa pun. Para ilmuwan meyakini kasus tersebut sebagai harapan langka bagi hampir 38 juta orang yang terinfeksi virus tersebut.

Pasien yang enggan dibongkar nama dan identitasnya tersebut berasal dari Argentina dan dijuluki "pasien Esperanza" (Esperanza patient). Ia kini berusia 30 tahun.

Mengacu pada penelitian yang dipublikasikan "Annals of Internal Medicine", wanita tersebut didiagnosis positif terinfeksi HIV pada 2013. Ia tak pernah merasa sakit dan minum obat. Namun serangkaian tes yang dilakukan beberapa waktu terakhir tak lagi menemukan virus dalam tubuh pasien tersebut.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa pasien Esperanza mungkin mengalami penyembuhan steril dari infeksi HIV-1.

"Ini benar-benar keajaiban sistem kekebalan manusia yang melakukannya," kata salah satu rekan penulis studi, Dr Xu Yu dari Ragon Institute di Boston, dikutip dari New York Post, Minggu (21/11/2021).

"Ini memberi kami harapan bahwa sistem kekebalan manusia cukup kuat untuk mengendalikan HIV dan menghilangkan semua virus fungsional. Waktu akan menjawab, tetapi kami yakin dia telah mencapai penyembuhan yang mensterilkan," sambungnya.

Kisahnya jadi sorotan di seluruh dunia, pasien Esperanza menyampaikan harapan atas insiden ajaib yang dialaminya. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kisah Pengabdian Luar Biasa Perawat Lansia"
[Gambas:Video 20detik]