Kamis, 18 Nov 2021 08:00 WIB

Round Up

Fakta-fakta Pasien Esperanza, Kasus Langka Sembuh dari HIV Tanpa Obat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
HIV - sexually transmitted disease blood test and treatment Pasien Esperanza menjadi orang kedua yang sembuh secara alami dari infeksi HIV (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita di Argentina menjadi orang kedua yang dinyatakan 'sembuh' dari HIV (human immunodeficieny virus) secara alami. Dijuluki sebagai Esperanza Patient, wanita ini tidak menjalani treatment apapun.

Menurut publikasi di Annals of Internal Medicine, pasien Esperanza pertama kali terdiagnosis HIV pada 2013. Pemeriksaan beberapa tahun belakangan tidak menunjukkan temuan virus dan diyakini telah mengalami sterilisasi secara alami.

"Ini benar-benar mujizat dari sistem imun manusia yang melakukannya," kata Dr Xu Yu dari Ragon Institute di Boston, dikutip dari NBC News.

"Ini memberi harapan bahwa sistem imun manusia cukup kuat untuk mengontrol HIV dan mengeliminasi seluruh virus fungsional," jelasnya.

Beberapa fakta terkait pasien Esperanza terangkum sebagai berikut:

1. Orang kedua yang sembuh secara alami

Sebelumnya, Loreen Willenberg dari California juga diyakini 'sembuh' secara alami. Tidak ditemukan virus di tubuhnya meski tidak menggunakan obat-obat antiretroviral.

2. Berarti 'harapan'

Selain diambil dari kota tempat tinggalnya, Esperanza juga berarti harapan. Kasus langka sembuh dari HIV yang dialaminya diharapkan memberi harapan bagi perkembangan riset terkait penganganan HIV di masa mendatang. Nama pasien sengaja tidak diungkap untuk menghindari stigma negatif.

3. Steril dari virus secara alami

Dalam kasus yang terbilang langka ini, para ilmuwan meyakini telah terjadi pada pasien Esperanza adalah 'sterilizing cure'. Artinya, pasien tersterilkan dari virus tanpa bantuan obat maupun transplantasi sumsum tulang. Pada beberapa kasus sebelumnya, pasien bersih dari HIV setelah menjalani transplantasi.



Simak Video "Apa Kaitannya HIV/AIDS dengan Varian Omicron?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)