Senin, 22 Nov 2021 06:58 WIB

Updated

Dihantam Gelombang 4 COVID-19, Austria Akhirnya Lokcdown Total

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pasar Natal di Innsbruck, Austria, kembali ramai didatangi warga. Meski begitu, warga yang tak divaksin dilarang untuk beraktivitas di sana guna cegah Corona. Pasar Natal di Vienna, baru buka sudah kena lockdown (Foto: Getty Images/Jan Hetfleisch)
Jakarta -

Austria mulai memberlakukan lockdown dan menjadi negara pertama di Eropa barat yang mengambil langkah drastis menghadapi gelombang keempat COVID-19. Sama seperti lockdown sebelumnya, hanya saja kali ini dilakukan ketika sudah ada vaksin.

Selama lockdown, tempat-tempat berkerumun seperti bar, restoran, kafe, tempat cukur, bioskop dan toko non esensial tidak boleh buka dalam 10 hari ke depan dan tidak menutup kemungkinan diperpanjang menjadi 20 hari.

Pasar Natal yang baru saja buka, juga tak luput dari lockdown, dan harus tutup. Hotel tidak boleh menerima turis baru setelah lockdown diberlakukan.

"Ini adalah situasi ketika kita harus bereaksi sekarang," kata Menteri Kesehatan Wolfgang Mueckstein kepada ORF TV, dikutip dari Reuters.

"Lockdown, cara yang relatif keras, palu godam, adalah satu-satunya cara mengurangi angka infeksi di sini," jelasnya.

Pekan lalu, Austria sudah menerapkan lockdown khusus bagi yang belum vaksin. Namun karena lanju infeksi tidak menurun, lockdown kini diperluas untuk semuanya.



Simak Video "Austria Isolasi Orang Tak Divaksin, Belanda Lockdown Parsial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)