Selasa, 23 Nov 2021 08:04 WIB

Eropa Dihantam Gelombang Dahsyat COVID-19, AS Batasi Perjalanan ke 2 Negara Ini

Vidya Pinandhita - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Akibat terpaan gelombang COVID-19 di sejumlah negara Eropa, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan warga untuk tidak bepergian ke Jerman dan Denmark, mulai Senin (22/11/2021).

CDC meningkatkan rekomendasi perjalanan ke Level Empat dengan kategori penularan sangat tinggi untuk kedua negara Eropa tersebut.

CDC saat ini mencantumkan sekitar 75 negara dengan kategori Level Empat. Di antaranya yakni banyak negara Eropa termasuk Austria, Inggris, Belgia, Yunani, Norwegia, Swiss, Rumania, Irlandia, dan Republik Ceko

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kepada para pemimpin partai konservatifnya bahwa langkah-langkah yang diambil untuk menghentikan penyebaran virus Corona di ekonomi terbesar Eropa tidak cukup. Walhasil menurutnya, diperlukan tindakan yang lebih kuat, misalnya dengan mewajibkan vaksinasi COVID-19.

Awal bulan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan negara-negara Eropa harus bekerja lebih keras untuk mencegah penyebaran virus Corona lantaran jumlah kasus baru dan kematian akibat infeksi COVID-19 terus melonjak.

Direktur regional Eropa di WHO, Dr Hans Kludge, menyebut tingkat penularan virus Corona yang memprihatinkan di 53 negara Eropa kini diperburuk oleh varian Delta yang diyakini jauh lebih menular dibanding varian Corona lainnya.

"Kita harus mengubah taktik kita, dari bereaksi terhadap lonjakan COVID-19, menjadi mencegahnya terjadi sejak awal," katanya, dikutip dari The Straits Times, Selasa (23/11/2021).

Jerman telah membatasi sebagian besar aktivitas publik di daerah-daerah dengan rumah sakit yang penuh oleh pasien COVID-19. Sedangkan tetangganya, Austria mulai Senin (22/11/2021) memberlakukan penguncian penuh (lockdown). Pejabat Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn, memperingatkan Jumat lalu bahwa Jerman mungkin mengikuti.

Di samping itu, CDC menurunkan imbauan perjalanan COVID-19 dari Level Empat ke Level Tiga dengan kategori 'rendah' di Israel, Aruba, Kepulauan Virgin AS, pulau Karibia Belanda Curacao, dan pulau Karibia Prancis Guadeloupe.

Simak video 'Sepinya Ruas Jalan Austria di Tengah Lockdown Nasional':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)